UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PENIPUAN ONLINE DENGAN MODUS PEMBAHARUAN BIAYA TRANSFER REKENING BANK

RAWIN, NIM. 502019050 (2023) UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PENIPUAN ONLINE DENGAN MODUS PEMBAHARUAN BIAYA TRANSFER REKENING BANK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502019050_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502019050_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
502019050_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
502019050_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
502019050_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
502019050_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
502019050_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang makin pesat seiring berjalanya waktu membuat teknologi dan informasi menjadi hal yang central dalam masyarakat, hal ini yang mengubah pola hidup masyrakat dan memicu terjadinya perubahan sosial, budaya, ekonomi, pertahanan, keamanan, dan penegkan hukum. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimanakah upaya kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana penipuan online dengan modus pembaharuan transfer rekening bank. 2. Apakah yang menjadi kendala bagi penyidik kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana penipuan online. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan undang-undang (statute approach) dan pendekatan sosiolegal (sosio-legal approach), yang merupakan penelitian hukum mengenai pemberlakuan atau implementasi ketentuan hukum normatif. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji upaya kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana penipuan online dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana penipuan dengan modus pembaharuan biaya transfer rekening bank. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis diperoleh hasil dari jawaban permasalahan yaitu upaya yang dilakukan oleh pihak kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana penipuan transaksi online di wilayah Sumatera Selatan, himbauan dan dialog interaktif melalui salah satu stasiun radio di Sumatera Selatan, pada dasarnya sama dengan tindak pidana konvensioal umumnya mengacu pada Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Sedangkan kendala yang dihadapi belum ada peraturan khusus yang mengatur secara rinci tentang tindak pidana penipuan online dengan modus pembaharuan transfer rekening bank, keterbatasan kemampuan Penyidik di bidang teknologi informasi (IT), sarana dan prasarana belum memadai guna meningkatkan kinerja kepolisian di lapangan dan untuk melakukan penyidikan yang optimal, serta kesadaran masyarakat untuk melaporkan tindak pidana penipuan online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. H. Syairozi, SH., MH 2. Heni Marlina, SH., MH
Uncontrolled Keywords: paya kepolisian, penanggulangan, tindak pidana penipuan online di sumatra selatan
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:33
Last Modified: 22 Jun 2023 02:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25837

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.