Makna Makkiyyah dan Madaniyyah dalam Al-Qur'an serta relevansinya pada dakwah kontemporer

Sri Puja Atika, NIM. 612019018 (2023) Makna Makkiyyah dan Madaniyyah dalam Al-Qur'an serta relevansinya pada dakwah kontemporer. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612019018_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612019018_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img] Text
612019018_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
612019018_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[img] Text
612019018_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
612019018_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
612019018_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
612019018_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sri Puja Atika, 2023. Makna Makkiyyah dan Madaniyyah dalam Al-Qur’an serta Relevansinya pada Dakwah Kontemporer. Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Universitas Muhammadiyyah Palembang. Pembimbing: (I) Achmad Tasmi, S.Sos.I., M.Pd.I (II) Yahya, Lc., M.P.I. penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (Library Research) yaitu dengan mengumpulkan data-data kepustakaan baik berupa buku, media masa, serta kaya tulus ilmiah yang dinilai berhubungan dalam membantu pembahasan tentang Makna Makkiyyah dan Madaniyyah dalam Al-Qur’an serta Relevansinya pada Dakwah Kontemporer. Oleh karena itu penelitian ini termasuk dalam kategori kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Penelitian ini berjudul “ Makna Makkiyyah dan Madaniyyah dalam Al-Qur’an serta Relevansiny pada dakwah kontemporer”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang akan dibahas yaitu tentang hubungan Makna Makkiyyah dan Madaniyyah dalam Al-Qur’an dengan dakwah kontemporer dan bagaimana penerapan konsep makna Makkiyyah Madaniyyah dalam Al-Qur’an serta relevansinya pada dakwah kontemporer. Makna Makkiyyah yaitu ayat yang turun di Makkah dan sekitarnya sebelum pristiwa Nabi hijrah ke Yastrib sedangkan Madaniyyah adalah ayat yang turun setelah Pristiwa hijrah Nabi. Makna Makkiyyah dan Madaniyyah yakni yang membahas segala aspek kehidupan, makna Makkiyyah yang membahas tentang penanaman dan pemantapan aqidah (tauhid) dan keadaan sosial, menentang segala bentuk kemusyrikan dan kezaliman dalam masyarakat. Dan makna Madaniyyah yang berbicara tentang tatanan hukum, baik hukum keluarga, perdata dan pemerintahan. Hal ini mengajarkan kita bahwa dalam berdakwah harus ada tahapan-tahapan yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat agar dakwah tersebut dapat diapliksikan dengan baik sehingga mayarakat lebih mudah menerima dan mengetahui lebih cepat akan perkembangan islam dalam dakwah kontemporer. Berdasarkan konteks diatas, Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, hubungan makna Makkiyyah dan Madaniyyah dalam Al-Qur’an dengan dakwah kontemporer yaitu pembahasan makna Makkiyyah Madaniyyah mencakup segala aspek yang dapat diaplikasikan pada dakwah kontemporer termasuk tema dan gaya bahasa Makkiyyah Madaniyyah dan metode dakwah Rasulullah di Makkah dan Madinah juga dapat diaplikasikan pada dakwah kontemporer. serta penerapan konsep makna Makkiyyah Madaniyyah dalam Al-Qur’an dan hubungannya pada dakwah kontemporer yaitu materi yang terkandung pada ayat-ayat Makkiyyah dan Madaniyyah yakni: Materi tentang aqidah, akhlak, dan juga hukum syariah. Dan juga metode dakwah Rasulullah dapat diterapkan sebagai metode dakwah kontemporer yakni: metode hikmah, mauidzah hasanah dan mujadalah. Kata kunci : Makkiyyah, Madaniyyah, dakwah kontemporer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Yahya Lc. M.P.I 2. Achmad Tasmi S.sos., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Makkiyyah, Madaniyyah, dakwah kontemporer.
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:04
Last Modified: 07 Jun 2023 08:04
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25716

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.