ANALISIS PESAN DAKWAH DALAM NOVEL MERINDU CAHAYA DE AMSTEL KARYA ARUMI E

Arroiyah Alislamiyah, Nim. 612019020 (2023) ANALISIS PESAN DAKWAH DALAM NOVEL MERINDU CAHAYA DE AMSTEL KARYA ARUMI E. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612019020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612019020_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
612019020_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
612019020_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
612019020_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
612019020_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
612019020_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
612019020_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Menyampaikan kebaikan adalah kewajiban bagi setiap manusia, apapun latar belakang seseorang menyampaikan kebaikan adalah sebuah keharusan. Sebagian manusia adalah mubalig yang berarti orang yang menyiarkan ajaran atau perbuatan kebaikan dan mencegah diri dari perbuatan mungkar. Pada masa ini kemajuan sangat cepat, serupa dengan kemajuan dakwah Saat ini. Seruan dakwah tidak hanya dapat dilakukan di atas mimbar, namun dapat melalui media elektronik maupun media cetak yang sangat mudah diakses untuk dapat mempermudah menyampaikan seruan-seruan dari ajaran Islam, yaitu agama yang menyampaikan dakwah yang menyerukan kebenaran kepada khalayak dan memberikan pemahaman kepada mereka untuk mempercayainya, dan menanamkan kesadaran kepada umat Islam untuk dapat mentaati ajaran Islam dan hidup dengan menyesuaikan diri dengan perintah untuk melaksanakan kewajiban yang harus disandang oleh umat muslim. Dengan menggunakan Teori Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure peneliti akan mengkaji novel ini dengan tujuan mendapatkan pesan dakwah yang terkandung didalamnya dan menjadikan permasalahan dari penelitian ini yang harus dicari penyelesaian masalahnya dengan metode studi perpustakaan, dan metode baca catat, peneliti akan mengumpulkan data-data dan sumber-sumber yang dibutuhkan untuk menyelesaikan penelitian ini. Setelah peneliti mengumpulkan dan menganalisa data seperti yang telah diuraikan pada bab III, peneliti mendapatkan hasil bahwa dalam novel Merindu Cahaya De Amstel Karya Arumi E terdapat pesan dakwah aqidah, akhlak dan syari‟ah. Berdasarkan penelitian yang peneliti uraikan dalam bab sebelumnya, Maka peneliti mendapatkan 19 pesan dakwah yaitu 9 pesan dakwah aqidah mengenai iman kepada Allah, iman kepada kitab-kitab Allah, dan iman kepada Malaikat. 5 pesan dakwah akhlak yaitu, tentang sikap bersabar, teguh pendirian, dan syukur nikmat dan mengucap salam. Terdapat 5 pesan dakwah syari''ah di antaranya, ibadah puasa, sholat wajib, sholat malam, membaca Al-qur''an dan tidak bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan mahram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Titin Yenni S.Ag., M.Hum 2. Nur Azizah S.Ag., M.Pd.I
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Fungsionaris dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:55
Last Modified: 07 Jun 2023 07:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25715

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.