TANGGUNG JAWAB HUKUM TERHADAP KORBAN YANG MELAKUKAN PEMBELAAN DIRI YANG MENGAKIBATKAN KEMATIAN PADA PELAKU PERAMPAS HARTA BENDA DENGAN KEKERASAN

M HAIKAL LUTFHY, NIM. 502018115 (2023) TANGGUNG JAWAB HUKUM TERHADAP KORBAN YANG MELAKUKAN PEMBELAAN DIRI YANG MENGAKIBATKAN KEMATIAN PADA PELAKU PERAMPAS HARTA BENDA DENGAN KEKERASAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018115_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text
502018115_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
502018115_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
502018115_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
502018115_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
502018115_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
502018115_Cover_sampai_Lampiran (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Seseorang yang melakukan pembelaan diri atau Pembelaan Darurat (Noodweer) masih tetap dipertahankan hingga sekarang sebagai salah satu alasan penghapusan/ peniadaan pidana, sebagaimana dijabarkan di dalam pasal 49 ayat (1) KUHP. Noodweer digunakan sebagai alasan pembenar, tetapi bukan alasan yang membenarkan perbuatan melanggar hukum, melainkan seseorang yang terpaksa melakukan tindak pidana dapat dimaafkan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai tanggung jawab hukum terhadap korban yang melakukan pembelaan diri yang mengakibatkan kematian pada pelaku perampas harta benda dengan kekerasan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Normatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara penelitian kepustakaan yaitu melakukan pengkajian terhadap data sekunder berupa bahan hukum primer (peraturan perundang-undangan), bahan hukum sekunder (literatur, laporan hasil penelitian,makalah,karya ilmiah yang dimuat dalam majalah ilmiah) Berdasarkan hasil penelitian yang di dapatkan penulis bahwa tanggung jawab hukum terhadap korban yang melakukan pembelaan diri yang mengakibatkan kematian pada pelaku perampas harta benda dengan kekerasan adalah Setiap sistem hukum modern seyogianya, dengan berbagai cara, mengadakan pengaturan tentang bagaimana mempertanggungjawabkan orang yang telah melakukan tindak pidana karena pendekatan yang berbeda mengenai cara bagaimana suatu sistem hukum merumuskan tentang pertanggungjawaban pidana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Dr.Reny Okpirianti,SH.,M.Hum 2.Dr.Martini,SH.,MH
Uncontrolled Keywords: Pembelaan diri, Kematian, Perampas harta benda
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Ilmu Hukum > Kejahatan
Ilmu Hukum > Pengadilan Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 07 Jun 2023 00:13
Last Modified: 07 Jun 2023 00:13
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25702

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.