PERANAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 TALANG UBI KABUPATEN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR

RINDI PUSPITA SARI, NIM. 622019046 (2023) PERANAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 TALANG UBI KABUPATEN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622019046_BAB I_DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622019046_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
622019046_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
622019046_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
622019046_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
622019046_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
622019046_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
622019046_Cover_Sampai_Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rindi Puspita Sari, 622019046. Skripsi Dengan Judul: Peranan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bentuk kenakalan remaja, apa saja faktor yang menghambat dan mendukung guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi Kenakalan remaja. Serta bagaimana peranan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan remaja di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dari data primer dan sekunder yang relevan dengan permasalahan yang di teliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, bentuk kenakalan remaja di SMA Negeri 4 talang ubi adalah: tidak melaksanakan tadarus al qur’an, sholat dhuha dan dzuhur berjamaah, anak-anak tidak mendengarkan saat guru menjelaskan dikelas, sering bolos, terlambat ke sekolah, pakaian yang tidak rapih, atribut nya tidak lengkap, melanggar tatatertib sekolah, merokok, dan kebut- kebutan dijalan. Kedua, Faktor penghambat Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja yaitu sekolah belum bisa melaksanakan ekstrakulikuler yang terlalu banyak karena belum lengkap sarana dan prasarananya, di tambah lagi Faktor internal berasal dari dalam diri individu, yaitu pencarian jati diri, Kemudian faktor eksternal berasal dari keluarga yang tidak harmonis, orang tua yang kurang pengawasan dan perhatian terhadap anak, pengaruh tuntutan lingkungan kelompok pergaulan yang buruk serta penggunaan teknologi yang tidak baik sebagai mana mestinya. Dan Faktor pendukungnya adalah hubungan sesama guru, kepala sekolah, wali kelas. Hal yang sering di lakukan adalah menasehati, mengarahkan dan melakukan pendekatan terhadap siswa yang bermasalah, di tambah lagi melaksanakan program wajib, setiap hari tadarus Al qur’an sebelum mulai pembelajaran dan anak diwajibkan untuk sholat dhuha dan dzuhur berjamaah. Ketiga, Peranan guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenalan remaja yaitu: adanya Pembiasaan; menanamkan nilai-nilai agama yaitu melaksanakan program wajib setiap hari tadarus Al qur’an sebelum mulai pembelajaran dan anak diwajibkan untuk sholat dhuha dan dzuhur berjamaah kemudian Adanya Keteladanan: Guru Pendidikan Agama Islam juga harus jadi figur panutan siswanya dengan mencontohkan hal- hal yang baik dari segi kedisiplinan misalnya untuk datang tepat waktu, kesopanan dalam penampilan dan tutur kata misalnya berpakaian rapih dan tutur kata yang sopan ketika berbicara maupun dalam berperilaku, dan terus melakukan Evaluasi terhadap siswa-siswinya. Kata Kunci: Kenakalan Remaja, Peranan Guru PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Ani Aryati, S. Ag., M. Pd. I 2. Dr. Saipuddin Zahri, S. H., M. H
Uncontrolled Keywords: Kata kunci di Abstrak
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 07 Jun 2023 00:16
Last Modified: 07 Jun 2023 00:16
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25694

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.