TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN ASURANSI YANG MENGALAMI KEPAILITAN TERHADAP NASABAH YANG TELAH MEMBAYAR PREMI

M. RAIHAN AKBAR DAVARI, NIM. 502019185 (2023) TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN ASURANSI YANG MENGALAMI KEPAILITAN TERHADAP NASABAH YANG TELAH MEMBAYAR PREMI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502019185_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502019185_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
502019185_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
502019185_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
502019185_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
502019185_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
502019185_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Risiko merupakan aspek utamadari kehidupan manusia dan merupakan faktor penting dalam asuransi. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko adalah dengan mengalihkan risiko pada pihak asuransi. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan akan rasa aman kepada nasabah yaitu dengan mengadakan perjanjian pelimpahan risiko dengan pihak lain. Salah satu risiko dalam usaha perasuransian adalah kemungkinan terjadinya pailit atas perusahaan asuransi. Kepailitan ini adalah hal yang sangat ditakuti bagi perusahaan asuransi maupun pemegang polis asuransi. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimanakah kedudukan pemegang polis dalam hal Perusahaan Asuransi yang Pailit serta tanggung jawab dari pihak perusahaan asuransi kepada nasabah yang telah membayar premi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif yaitu penelitian yang dilakukan hanya pada peraturan-peraturan tertulis atau bahan hukum lainya dan ditinjau dari sifatnya, penelitian ini bersifat deskriptif untuk memberikan apa yang harus dilakukan dan bukan merupakan hipotesis, yakni mengenai tanggung jawab Perusahaan Asuransi kepada nasabah. Sumber data diperoleh melalui data primer, data sekunder, data tersier. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang dilakukan maka dapat diketahui bahwa pihak Perusahaan Asuransi akan memenuhi kewajibannya yaitu pembayaran klaim asuransi kepada pemegang polis sepanjang pemegang polis dapat memenuhi persyaratan yang diberikan pihak asuransi dan di tanda tangani oleh pemegang polis tersebut yang berisikan bahwa mereka setuju maka klaim yang akan dibayar oleh perusahaan asuransi yang dibayar hanya separuhnya saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Mona Wulandari, SH., MH 2. Hj. Yonani, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Asuransi, Kedudukan Pemegang Polis, Premi Asuransi
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 07 Jun 2023 00:24
Last Modified: 07 Jun 2023 00:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25682

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.