KEWAJIBAN DAN SANKSI TERHADAP DOKTER YANG MEMBERIKAN PELAYANAN MEDIS KEPADA PASIEN TIDAK SESUAI STANDAR PROFESI DOKTER

RIKY RAMADHAN, NIM. 502018373 (2023) KEWAJIBAN DAN SANKSI TERHADAP DOKTER YANG MEMBERIKAN PELAYANAN MEDIS KEPADA PASIEN TIDAK SESUAI STANDAR PROFESI DOKTER. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018373_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
502018373_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
502018373_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
502018373_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
502018373_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
502018373_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502018373_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tenaga medis maupun dokter dalam menyelengarakan dan melaksanakan perawatan dan pengobatan terhadap seorang pasien mempunyai kewajiban untuk melaksanakan tugas dan kewenangan yang ada pada nya sesuai dengan profesi. Dalam hal seorang dokter tidak melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam memberikan pertolongan terhadap seorang pasien sesuai dengan standar profesi yang berakibat rusaknya atau menimbulkan penderitaan baru bagi si pasien dapat dikenakan sanksi pidana apabila unsur padanya terpenuhi dan juga dapat di kenakan sanksi berupa pencabutan tindak praktek atau hukum lainnya. Permasalahan skripsi ini adalah bagaimanakah kewajiban dokter dalam melaksanakan tugas pelayanan medis terhadap pasien rumah sakit dan sanksi apa saja yang dapat dikenakan kepada dokter yang memberikan pelayanan medis kepada pasien tidak sesuai dengan standar profesi dokter. Untuk membahas permasalahan yang ada dalam tulisan ini, maka dilakukan penelitian atau metode pendekatan yang bersifat yuridis normatif yaitu penelitian hukum dengan cara mengumpulkan data kepustakaan yang berhubungan dengan kewajiban dan sanksi terhadap dokter yang melaksanakan tugas pelayanan medis terhadap pasien di rumah sakit dan sanksinya. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut : kewajiban dokter memberikan pelayanan medis Rumah sakit dilakukan dengan cara memberikan pelayanan medis sesuai dengan standar profesi dokter. Sebelum melaksanakan tindakan terhadap pasien dokter wajib memberitahukan mengenai semua tindakan yang dilakukan dan akibat yang terjadi, misalnya saja untuk melakukan operasi dokter wajib meminta persetujuan pasien dan keluarga pasien serta menjelaskan prediksi dari tindakan tersebut dengan demikian pasien berhak memilih apakah akan menjalankan operasi atau tidak dan sanksi terhadap dokter yang memberikan pelayanan medis tidak sesuai standar Profesi dokter, yakni sanksi yang diberikan sanksi menurut KUHP dan Undang-Undang No 36 Tahun 2009 tentang kesehatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. M. Soleh Idrus, SH., MS 2. Hj. Yonani, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Kewajiban, Sanksi, Profesi Dokter
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:49
Last Modified: 05 Jun 2023 03:49
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25662

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.