Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di SMP Muhammadiyah 1 Palembang

Jelika Aulia, NIM. 342018023 (2023) Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342018023_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342018023_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
342018023_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[img] Text
342018023_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
342018023_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
342018023_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
342018023_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
342018023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
342018023 Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan adalah proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik supaya mampu menyelesaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya. Penerapan keterampilan pemecahan masalah dalam kegiatan pembelajaran diharapkan agar peserta didik mampu bersaing di era globalisasi serta mampu memanfaatkaan kemajuan teknologi dengan benar. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa hasil pencapaian keterampilan pemecahan masalah yang dimiliki oleh peserta didik masih rendah. Salah satunya yaitu pada mata pelajaran biologi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PBL terhadap hasil belajar kognitif siswa metodenya menggunakan penelitian kuantitatif pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes dan observasi terhadap siswa dan guru. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji non parametric tes melalui uji wilcoxon hasil penelitiannya menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ha diterima artinya, dapat disimpilkan bahwa terdapat pengaruh penerapan Problem Based Learning Terhadap Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Suyud Abadi., M.Si 2. Rindi Novitri Antika, S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Biologi
Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 Jun 2023 00:33
Last Modified: 03 Jun 2023 00:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25646

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.