IMPLEMENTASI BAKTI ANAK TERHADAP ORANG TUA DI DESA TALANG BARU KABUPATEN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR

VRISTIA VISTA, NIM. 622019027 (2023) IMPLEMENTASI BAKTI ANAK TERHADAP ORANG TUA DI DESA TALANG BARU KABUPATEN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622019027_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (769kB) | Preview
[img] Text
622019027_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
622019027_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text
622019027_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text
622019027_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text
622019027_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
622019027_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text
622019027_SKRIPSI COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Vristia Vista, NIM 622019027, skripsi yang berjudul “Implementasi bakti anak terhadp orang tua di Desa Talang Baru, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)”. Adapun permasalahan diantaranya sebagai berikut: (1). Bagaimana konsep Bakti anak terhadap orang tua menurut Islam? (2). Bagaimana Implementasi bakti anak terhadap orang tua di Desa Talang Baru Kabupaten PALI? (3) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam Imlementasi bakti anak terhadap orang tua di Desa Talang Baru Kabupaten PALI?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Untuk mengetahui konsep bakti anak terhadap orang tua menurut Islam. (2). Untuk mengetahui implementasi bakti anak terhadap orang tua di Desa Talang Baru Kabupaten PALI. (3). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi bakti anak terhadap orang tua di Desa Talang Baru Kabupaten PALI. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena semua data yang diperoleh dalam bentuk hasil interview dan tatap muka. penelitian ini merupakan penelitian berdasarkan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, Konsep bakti Anak terhadap orang tua menurut Islam ridha Allah SWT tergantung kepada keridhaan orang tua. Hal ini sangatlah penting, dan perlu dicermati, bahwasannya restu atau ridho kepada orang tua merupakan wujud penghormatan kepada mereka. Kedua, Implementasi bakti anak terhadap orang tua di Kelurahan Talang Ubi Barat Kabupaten PALI. Dengan dasar ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits tersebut sudah sangat jelas walaupun secara tekstual disampaikan pesannya dalam bentuk cerita akan tetapi secara kontekstual (tersirat) bahwa Allah SWT dan Rasulullah SAW menghimbau dan memerintahkan agar manusia melaksanakan ikhsannya (berbakti kepada kedua orang tua ibu bapaknya), karna Allah SWT dan Rasulullah SAW sangat mencintai amal tersebut. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi bakti anak terhadap orang tua di Kelurahan Talang Ubi Barat Kabupaten PALI, terdapat faktor ekternal dan internal. Internal yang meliputi keluarga, yaitu minimnya waktu orang tua bersama anak, orang tua yang terlalu sibuk terkadang kesulitan membagi waktu antara prioritas pekerjaan dan anak dan eksternal yang meliputi lingkungan, keadaan lingkungan sekitar tentu sangat berpengaruh terhadap perkembangan kepribadian anak. Kata Kunci: Implementasi, Bakti, Anak, Orang Tua

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Suroso S.Ag.,M.Pd.I 2. Dr. Antoni Selani M.H.I
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Bakti, Anak, Orang Tua
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Bustanul Athfal dan Madrasa Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 02 Jun 2023 01:30
Last Modified: 02 Jun 2023 01:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25612

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.