PERAN KUA DALAM MENGATASI NIKAH SIRI DI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG

TIKSON EFENDY SIMANUNGKALIT, NIM. 632018015 (2022) PERAN KUA DALAM MENGATASI NIKAH SIRI DI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
632018015_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
632018015_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
632018015_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
632018015_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
632018015_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
632018015_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
632018015_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
632018015_Cover_Sampai_Lampiran......pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tikson Efendy Simanungkalit, 632017002, Peran KUA Dalam Mengatasi Nikah Siri Di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi, Program Studi Ahwal AL-Syakhsyiyah, Jurusan Ahwal Syakhshiyah (Hukum Keluarga), Universitas Muhammadiyah Palembang. Garis besar dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana Peran KUA dalam mengatasi nikah siri di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran KUA dalam mengatasi nikah siri di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach). Penelitian ini bersifat deskriptif. Metode penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu interview dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini adalah data berupa hasil interview dengan Kepala KUA Kecamatan Percut Sei Tuan, staff administrai nikah dan rujuk KUA Kecamatan Percut Sei Tuan, dan pelaku pernikahan siri serta data lain yang mendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor yang mendorong orang melakukan nikah siri di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, Faktor internal: 1. Adanya rasa malu dan malas bagi kedua keluarga dan mempelai untuk mendaftarkan diri di Kantor Urusan Agama setempat. 2. Rendahnya tingkat pendidikan para pelaku nikah siri di kecamatan Percut Sei Tuan. 3. Kurangnya kesadaran dan pemahaman hokum dan belum menyadari dan memahami pentingnya pencatatan perkawinan. Adapun faktor eksternal adalah sangat terbatasnya pendapatan perekonomian masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya. Sedangkan Peran KUA dalam mengatasi nikah siri di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang diantaranya: melakukan penyuluhan-penyuluhan Pencatatan Pernikahan dan Keluarga Bahagia yang dilakukan oleh BP4 di Kantor Urusan Agama kepada calon pengantin dan wali, melakukan sosialisasi tentang pentingnya pencatatan pernikahan dan dampak buruknya terhadap keluarga, ibu dan anak, bekerjasama dengan P3N bersama staff aparatur desa melakukan penyuluhan-penyuluhan setiap 2 Bulan sekali kepada masyarakat, pendekatan melalui majelis taklim yang ada di masyarakat Kata kunci: Peran KUA, Nikah Siri, Kecamatan Percut Sei Tuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Yuniar Handayani SH MH 2. Yahya Lc M.Pdi
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Peran KUA, Nikah Siri, Kecamatan Percut Sei Tuan
Subjects: Syariah > Hukum Perkawinan > Bimbingan perkawinan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 31 May 2023 01:26
Last Modified: 31 May 2023 01:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25567

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.