Pembimbing dan Pendampingan Program Kreativitas Mahasiswa, Bidang Penelitian Hibah Didanai Oleh L2DIKTI/KOPERTIS WILAYAH II Palembang. Usulan Judul Penelitian tentang Pemanfaatan dan Daur Ulang Limbah Ikan untuk Pertumbuhan Tanaman Anggrek.

Yetty Hastiana, Yetty (2016) Pembimbing dan Pendampingan Program Kreativitas Mahasiswa, Bidang Penelitian Hibah Didanai Oleh L2DIKTI/KOPERTIS WILAYAH II Palembang. Usulan Judul Penelitian tentang Pemanfaatan dan Daur Ulang Limbah Ikan untuk Pertumbuhan Tanaman Anggrek. LPPM UM Palembang. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Pembimbing Program Kreativitas Mahasiswa Hibah Kreativitas Mahasiswa oleh L2DIKTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

LAPORAN KEMAJUAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA PENELITIAN JUDUL PROGRAM PKM-P: Pemanfaatan Limbah Ikan dengan Bioaktivator Brassica rapa L. Terhadap Pertumbuhan Tanaman Dendrobium Pramote Anggrek atau "Orchidaceae" adalah satu keluarga dari tanaman bunga-bungaan, yang paling besar, paling beraneka, dan satu diantara yang paling menarik. Ia mencakup kira-kira 25.000 jenis alam, ditambah sekitar 50.000 jenis hibrida hasil budidaya oleh manusia. Daftar jenis-jenis alam ini masih akan bertambah panjang dengan ditemukannya jenis-jenis yang selama ini masih tersembunyi di hutan belantara. Sedang hibrida-hibrida buatan pun terus bertambah melalui persilangan-persilangan yang mengungkap cakrawala keindahan baru. Dan yang menakjubkan ialah bahwa belantara Indonesia, diperkirakan menyimpan sekitar 5.000 jenis alam asli. Jenis-jenis ini tersebar di hutan-hutan perawan Kalimantan, Irian, Sulawesi, Sumatra, dan lain-lainnya. Karena seluruh Indonesia adalah tempat tumbuh anggrek. Tanaman dan bunga anggrek sangat beraneka ragam. Tak ada dua anggrek yang sama, kecuali bila keduanya hasil biakan vegetatif (misalnya stek atau belahan rumpun) dari tanaman yang sama. Tapi semuanya memiliki struktur bunga yang sama dan khas anggrek. Maka dari bunganya anggrek dapat dikenali, baik induk jenisnya (genus), jenisnya (species) maupun varietasnya. Beberapa genus anggrek yang dikenal diantaranya adalah Dendrobium (Gunadi, 1985: 1). Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pemanfaatan Limbah ikan dengan bioaktivator Brassica rapa L. Terhadap pertumbuhan Dendrobium pramote. permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemanfaatan pupuk cair limbah ikan dengan bioaktivator Brassica rapa L. Berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman Dendrobium Pramote?, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pupuk cair limbah ikan dengan bioaktivator Brassica rapa L. Terhadap pertumbuhan tanaman Dendrobioum Pramote. Luaran yang diharapkan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan limbah perut ikan dengan boaktivator Brassica rapa L. dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman Dendrobium pramote. Metode penelitian ini adalah: menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan yaitu Po tanpa pemberian pupuk, Pi konsentrasi pupuk 1 ml, P2 konsentrasi pupk 1,25 ml, Ps konsetrasi pupuk 1,5 ml. Kata kunci: Limbah ikan, Bioaktivator, Brassica rapa L, Dendrobium pramote.

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Dr. Yetty Hastiana M.Si
Date Deposited: 29 May 2023 00:47
Last Modified: 29 May 2023 00:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25532

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.