PENYULUAH TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA BAGI IBU-IBU PKK KECAMATAN BANYUASIN II KABUPATEN BANYUASIN PROVINSI SUMSEL.

Yetty Hastiana, Yetty and Marhaini, Marhaini (2019) PENYULUAH TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA BAGI IBU-IBU PKK KECAMATAN BANYUASIN II KABUPATEN BANYUASIN PROVINSI SUMSEL. FKIP UM Palembang. (Submitted)

[img]
Preview
Text
penyuluhan tentang pengelolaan sampah rumah tangga bagi ibu-ibu PKK kecamatan bayuasin II kabupaten Banyuasin.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penanganan dan pengelolaan sampah rumah tangga merupakan isu yang mendesak di banyak wilayah di Indonesia, termasuk di Sumatera Selatan, khususnya Kabupaten Banyuasin. Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran dan efektivitas pengelolaan sampah, keterlibatan ibu-ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) telah diidentifikasi sebagai potensi yang dapat dimanfaatkan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi, pencerahan dan penguatan kepada ibu-ibu PKK. Keterlibatan dan peran ibu-ibu PKK dalam pengelolaan sampah rumah tangga di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan sangat strategis. Pengabdian ini menggunakan metode penyuluahn langsung kepada masyarakat. Sasaran utama adalah ibu-ibu PKK yang terlibat dalam kegiatan pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga. Mereka berperan dalam mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemilahan sampah, penggunaan kembali, dan daur ulang. Ibu-ibu PKK juga terlibat dalam kegiatan pengumpulan, pemilahan, dan pengiriman sampah ke pusat daur ulang. Selain itu, dari kegiatan pengabdian ini tim pengabdian dapat mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh ibu-ibu PKK dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Tantangan tersebut antara lain kurangnya dukungan infrastruktur yang memadai, kurangnya pengetahuan teknis tentang pengelolaan sampah, dan keterbatasan sumber daya manusia dan keuangan. Berdasarkan kondisi di lapangan, tim pengabdian merekomendasikan adanya kerjasama yang lebih erat antara pemerintah daerah, PKK, dan komunitas lokal untuk meningkatkan pengelolaan sampah rumah tangga. Diperlukan pelatihan dan pendidikan yang lebih intensif untuk ibu-ibu PKK tentang metode pengelolaan sampah yang efektif. Selain itu, investasi dalam infrastruktur pengelolaan sampah yang memadai dan alokasi anggaran yang memadai juga diperlukan untuk mencapai tujuan pengelolaan sampah yang berkelanjutan di Kabupaten Banyuasin.

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Dr. Yetty Hastiana M.Si
Date Deposited: 29 May 2023 00:46
Last Modified: 29 May 2023 00:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25526

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.