ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH 5 PALEMBANG

ASWATUL HASANAH, 222019121 (2023) ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH 5 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
222019121_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
222019121_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
222019121_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
222019121_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
222019121_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
222019121_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
222019121_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1. Untuk mengetahui perencanaan dalam pengelolaan keuangan sekolah di SMA Muhammadiyah 5 Palembang; 2. Untuk mengetahui realisasi anggaran dalam pengelolaan keuangan sekolah di SMA Muhammadiyah 5 Palembang; 3. untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan keuangan sekolah di SMA Muhammadiyah 5 Palembang; 4. untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan sekolah. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan pengelolaan keuangan sekolah yang dapat dilihat dari sumber keuangan Bantuan Operasional Sekolah, dana Program Sekolah Gratis, dan Uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), Uang Daftar Ulang, Uang Penerimaan Siswa Baru, dan Uang Ujian Semester diawali dengan mengadakan musyawarah rapat seluruh guru dan karyawan untuk penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dan penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Realisasi pengelolaan keuangan sekolah di SMA Muhammadiyah 5 Palembang telah dilakukan secara transparansi, akuntabilitas, efektivitas dan efisiensi, dan sesuai dengan Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah tahun ajaran dan Dana Program Sekolah Gratis tahun 2022. Faktor pendukung pengelolaan keuangan sekolah di SMA Muhammadiyah 5 Palembang dapat dilihat dari sisi perencanaan dan besarnya dukungan dewan guru dan staff, kepala sekolah, orang tua/wali siswa dan Pemerintah. Sedangkan faktor penghambat tidak lancarnya pengumpulan iuran dari pihak orang tua/wali siswa, dan Dana Program Sekolah Gratis selama 1 tahun yang belum dicairkan oleh Pemerintah Sumatera Selatan, tidak sesuai dengan rencana yang sebelumnya terhadap realisasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Lis Djuniar, S.E.,M.Si 2. Kurnia Krisna Hari, S.E.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengelolaan Keuangan Sekolah, Perencanaan Anggaran, Realisasi Anggaran
Subjects: Akuntansi > pelaporan keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi (S1)
Depositing User: mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis
Date Deposited: 27 May 2023 00:25
Last Modified: 27 May 2023 00:25
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25510

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.