PERLINDUNGAN HAK CIPTA TERHADAP PENCIPTA LAGU YANG KARYANYA DI BAJAK PIHAK LAIN DALAM MEDIA SOSIAL

Febri Juarsyah, NIM. 502019094 (2023) PERLINDUNGAN HAK CIPTA TERHADAP PENCIPTA LAGU YANG KARYANYA DI BAJAK PIHAK LAIN DALAM MEDIA SOSIAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502019094_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text
502019094_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
502019094_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
502019094_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
5020190094_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
502019094_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
502019094_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kekayaan Intelektual merupakan suatu alat untuk meraih dan mengembangkan ekonomi, dalam arti sempit terhadap pencipta atau penemu itu sendiri, dan dalam arti luas untuk peningkatan ekonomi negara sebagai salah satu sumber devisa. Sebagai contoh salah satunya yang berpotensi untuk dikembangkan dalam era ekonomi kreatif saat ini adalah karya seni. Jenis penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan perlindungan hak cipta terhadap pencipta lagu yang karyanya di bajak orang lain tanpa ijin di media sosial. (2) Untuk mendeskripsikan penyelesaian upaya hukum yang dapat ditempuh oleh pencipta lagu apabila karyanya di bajak orang lain tanpa ijin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan Library Research. Penelitian jenis kepustakaan yaitu penelitian yang menggunakan data sekunder dan sumber datanya dapat diperoleh melalui penelusuran dokumen. Pendekatan yang digunakan adalah normatif. Teknis pengumpulan data melalui metode kepustakaan dan dianalisis data secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan perlindungan hak cipta terhadap pencipta lagu yang dibajak pihak lain bahwa pencipta dan pemegang hak cipta memiliki hak terhadap suatu ciptaannya, yaitu hak moral (moral right) dan hak ekonomi (economic right). Hak tersebut bersifat khusus atau istimewa, karena hanya dimiliki oleh pencipta dan pemegang hak cipta terhadap karya ciptanya. Serta upaya yang dapat ditempuh bagi pencipta lagu dalam mengatasi pembajakandalam media sosial adalah dengan cara mendaftarkan ciptaannya tersebut kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, akademisi, praktisi, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yudistira Rusydi, S.H.,M.Hum 2. Heni Marlina, S.H.,M.H
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Pembajakan Lagu, Hak Cipta.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 24 May 2023 04:13
Last Modified: 24 May 2023 04:13
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25462

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.