Sistem Pembuktian dalam Tilang Elektronik Terhadap Pelanggaran Lalu Lintas (Studi Kasus di Satlantas Polrestabes Palembang)

NUR ALIA SAHIRA, NIM. 502019010 (2023) Sistem Pembuktian dalam Tilang Elektronik Terhadap Pelanggaran Lalu Lintas (Studi Kasus di Satlantas Polrestabes Palembang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502019010_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (838kB) | Preview
[img] Text
502019010_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
502019010_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
502019010_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
502019010_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
502019010_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
502019010_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sistem e-tilang atau tilang elektronik telah diuji cobakan di beberapa kota besar. Tilang elektronik yang biasa disebut E-tilang ini merupakan digitalisasi proses tilang, dengan memanfaatkan teknologi diharapkan seluruh proses tilang akan lebih efisien dan efektif juga dapat membantu pihak kepolisian dalam manajemen administrasi. Penggunaan kendaraan bermotor dalam kehidupan sehari-hari dapat memberikan dampak negatif yaitu kemacetan dan kecelakaan lalu lintas yang berasal dari pelanggaran lalu lintas sehingga memerlukan upaya penegakan hukum yang saat ini telah menggunakan tilang elektronik. Pada saat ini masih banyak pengguna jalan raya khususnya pengendara yang kerap melakukan pelanggaran peraturan lalu lintas. Akibat dari adanya kesalahan berlalu lintas, maka dengan ini Kepolisian Republik Indonesia khususnya dibidang satuan lalu lintas menerapkan sistem ETLE sebagai sanksi dalam bentuk penilangan yang tertuang pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah sistem pembuktian terhadap pelanggaran lalu lintas dengan tilang elektronik di Kota Palembang?. 2) Apakah yang menjadi kendala/faktor penghambat pembuktian tilang elektronik di Kota Palembang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, metode kepustakaan dan metode pengolahan data. Teknik analisa data yang digunakan adalah anlisis data secara kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembuktian dari Tilang Elektronik (ETLE) ini adalah melalui Plat Nomor Kendaraan Bermotor (PNKB). Yang kemudian di capture oleh CCTV kamera ETLE, kemudian data langsung masuk ke Back Ofice dan pihak kepolisian mengeluarkan surat tilang yang akan dikirim langsung ke alamat pelanggar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Luil Maknun,SH.,MH 2. Koesrin Nawawie A., SH.,MH
Uncontrolled Keywords: Tilang Elektronik, Sistem Pembuktian
Subjects: Ilmu Hukum > Sistem-sitem Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 24 May 2023 00:45
Last Modified: 24 May 2023 00:45
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25442

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.