PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS HAK INFORMASI DALAM TRANSAKSI ONLINE

MUHAMMAD FARHAN FAUZAN, NIM. 502019028 (2023) PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS HAK INFORMASI DALAM TRANSAKSI ONLINE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502019028_BAB 1 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (708kB) | Preview
[img] Text
502019028_BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
502019028_BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
502019028_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
50209015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
502019015_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
502019028_COVER_SAMPAI LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS HAK INFORMASI DALAM TRANSAKSI ONLINE Muhammad Farhan Fauzan Penulis melakukan penelitian ini dengan maksud agar mengetahui bagaimana gambaran perlindungan konsumen atas hak informasi dalam transaksi online dengan cara menganalisis perlindungan konsumen pada praktik nyatanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah Perlindungan hukum bagi konsumen atas hak informasi dalam transaksi jual beli online?; Bagaimanakah pertanggungjawaban pelaku usaha serta penyelesaian hukum atas pelanggaran hak informasi dalam jual beli online yang merugikan konsumen? Penelitian ini termasuk penelitian hukum normatif yang dilakukan dengan pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Teknik pengumpulan data dengan cara studi pustaka, studi dokumen, dan wawancara, berdasarkan penelitian, penulis menyimpulkan bahwa perlindungan konsumen atas hak informasi dalam jual beli online belum berjalan semestinya karena undang-undang perlindungan konsumen belum dapat diimplementasikan disebabkan pelaku usaha masih mengabaikan kewajiban, larangan serta hak-hak konsumen. Khususnya pada pemberian informasi yang benar, jelas dan jujur. Hal ini disebabkan karena pelaku usaha semata-mata mencari keuntungan diri sendiri. Akibatnya konsumen kesulitan mendapatkan jaminan atas hak-hak konsumen. Tanggung jawab pelaku usaha atau penjual disini adalah melakukan ganti kerugian yang didasari pasal 19 (1) undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Upaya penyelesaian sengketa antara pelaku usaha dan konsumen yaitu melalui gugatan ke pengadilan atau di luar pengadilan dengan cara yaitu pengaduan ke YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) atau pengajuan gugatan ke BPSK. Kata kunci: Perlindungan konsumen, Hak dan Informasi, Jual Beli Online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Hendri S, S.H., M.Hum. 2. H. Helmi Ibrahim, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perlindungan konsumen, Hak dan Informasi, Jual Beli Online
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 24 May 2023 00:50
Last Modified: 24 May 2023 00:50
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25437

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.