MUHAMMAD FARHAN FAUZAN, NIM. 502019028 (2023) PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS HAK INFORMASI DALAM TRANSAKSI ONLINE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
502019028_BAB 1 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (708kB) | Preview |
|
Text
502019028_BAB 2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
Text
502019028_BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
Text
502019028_BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
Text
50209015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
Text
502019015_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
502019028_COVER_SAMPAI LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS HAK INFORMASI DALAM TRANSAKSI ONLINE Muhammad Farhan Fauzan Penulis melakukan penelitian ini dengan maksud agar mengetahui bagaimana gambaran perlindungan konsumen atas hak informasi dalam transaksi online dengan cara menganalisis perlindungan konsumen pada praktik nyatanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah Perlindungan hukum bagi konsumen atas hak informasi dalam transaksi jual beli online?; Bagaimanakah pertanggungjawaban pelaku usaha serta penyelesaian hukum atas pelanggaran hak informasi dalam jual beli online yang merugikan konsumen? Penelitian ini termasuk penelitian hukum normatif yang dilakukan dengan pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Teknik pengumpulan data dengan cara studi pustaka, studi dokumen, dan wawancara, berdasarkan penelitian, penulis menyimpulkan bahwa perlindungan konsumen atas hak informasi dalam jual beli online belum berjalan semestinya karena undang-undang perlindungan konsumen belum dapat diimplementasikan disebabkan pelaku usaha masih mengabaikan kewajiban, larangan serta hak-hak konsumen. Khususnya pada pemberian informasi yang benar, jelas dan jujur. Hal ini disebabkan karena pelaku usaha semata-mata mencari keuntungan diri sendiri. Akibatnya konsumen kesulitan mendapatkan jaminan atas hak-hak konsumen. Tanggung jawab pelaku usaha atau penjual disini adalah melakukan ganti kerugian yang didasari pasal 19 (1) undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Upaya penyelesaian sengketa antara pelaku usaha dan konsumen yaitu melalui gugatan ke pengadilan atau di luar pengadilan dengan cara yaitu pengaduan ke YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) atau pengajuan gugatan ke BPSK. Kata kunci: Perlindungan konsumen, Hak dan Informasi, Jual Beli Online
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Hendri S, S.H., M.Hum. 2. H. Helmi Ibrahim, S.H., M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Perlindungan konsumen, Hak dan Informasi, Jual Beli Online |
Subjects: | Ilmu Hukum > Hukum Perdata |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Hukum |
Date Deposited: | 24 May 2023 00:50 |
Last Modified: | 24 May 2023 00:50 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25437 |
Actions (login required)
View Item |