KOMUNIKASI DA'I DALAM MEMINIMALISIR PERCERAIAN PASANGAN PERNIKAHAN DI DESA SUMBER MUKTI KECAMATAN SELAT PENUGUAN KABUPATEN BANYUASIN

SUTRAN YONO, 612019004 (2023) KOMUNIKASI DA'I DALAM MEMINIMALISIR PERCERAIAN PASANGAN PERNIKAHAN DI DESA SUMBER MUKTI KECAMATAN SELAT PENUGUAN KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612019004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612019004_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
612019004_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
612019004_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
612019004_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
612019004_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
612019004_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
612019004_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sutran Yono.612019004. Skripsi yang berjudul "Komunikasi Da'i Dalam Meminimalisir Perceraian Pasangan Pernikahan di Desa Sumber Mukti Kecamatan Selat Penuguan Kabupaten Banyuasin”. Permasalahan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: (1) apa penyebab terjadinya perceraian pasangan pernikahan di desa Sumber Mukti Kecamatan Selat Penuguan Kabupaten Banyuasin(2) bagaimana komunikasi da'i dalam meminimalisir perceraian pasangan pernikahan di Desa Sumber Mukti Kecamatan Selat Penuguan Kabupaten Banyuasin, dan (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat komunikasi da'i dalam meminimalisir perceraian pasangan pernikahan di Desa Sumber Mukti Kecamatan Selat Penuguan Kabupaten Banyuasin. Tujuan yang menjadi dasar dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penyebab terjadinya perceraian pasangan pernikahan di desa Sumber Mukti Kecamatan Selat Penuguan Kabupaten Banyuasin (2) untuk mengetahui komunikasi da'i dalam meminimalisir perceraian pasangan pernikahan di Desa Sumber Mukti Kecamatan Selat Penuguan Kabupaten Banyuasin, dan (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat komunikasi da'i dalam meminimalisir perceraian pasangan pernikahan di Desa Sumber Mukti Kecamatan Selat Penuguan Kabupaten Banyuasin. Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang bersumber dari kepala desa, da’i-da’iyah, desa Sumber Mukti dan buku-buku sebagai pendukung penelitian serta jurnal. Metode pengumpuan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Dalam skripsi ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) bahwa penyebab terjadinya perceraian pasangan pernikahan di Desa Sumber Mukti Kecamatan Selat Penuguan Kabupaten Banyuasin diantaranya yaitu faktor perselingkuhan, faktor ekonomi, faktor menikah di usia dini, faktor ketidakcocokan, penggunaan narkoba dan faktor mertua sehingga perceraian pasangan pernikahan terjadi (2) komunikasi da'i dalam meminimalisir perceraian pasangan pernikahan di Desa Sumber Mukti Kecamatan Selat Penuguan Kabupaten Banyuasin yaitu dengan melakukan pengajian rutin, satu bulan sekali bahkan ada yang satu minggu sekali, kemudian menyisipkan tema rumah tangga di dalam setiap tausiah, dan (3) faktor Pendukung komunikasi da'i dalam meminimalisir perceraian pasangan pernikahan di Desa Sumber Mukti Kecamatan Selat Penuguan Kabupaten Banyuasin yaitu latar pendidikan da’i-da’iyah, antusiasme masyarakat dan partisipasi tokoh agama dan pemerintah desa sedangkan faktor penghambatnya adalah minimnya minat masyarakat didalam menuntut ilmu khususnya ilmu tentang rumah tangga, akses jalan ke pengajian atau kegiatan keagamaan dan waktu pengajian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Idmar Wijaya, S.Ag., M.Hum 2. Helyadi, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Komunikasi Da’i, Meminimalisir, Perceraian
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 23 May 2023 05:05
Last Modified: 23 May 2023 05:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25407

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.