PERANAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN IBADAH SHALAT PADA ANAK DI LINGKUNGAN IV RT 04 KELURAHAN JUA-JUA KECAMATAN KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

MARIA ULFAH, NIM. 622019026 (2023) PERANAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN IBADAH SHALAT PADA ANAK DI LINGKUNGAN IV RT 04 KELURAHAN JUA-JUA KECAMATAN KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622019026_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (709kB) | Preview
[img] Text
622019026_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
622019026_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
622019026_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
622019026_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
622019026_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
622019026_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
622019026_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Maria Ulfah, NIM 622019026, Skripsi yang berjudul “Peranan Orang Tua Dalam Penanaman Pendidikan Ibadah Shalat Pada Anak Di Lingkungan Ivrt.04 Kelurahan Jua-Jua Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir”. Adapun permasalahan diantaranya sebagai berikut: (1) Peranan Orang Tua Dalam Penanaman Pendidikan Ibadah Shalat Pada Anak Di Lingkungan IV RT.04 Kelurahan Jua-Jua Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir ? (2) Bagaimana Kondisi Ibadah Shalat Pada Anak Di Lingkungan IV RT.04 Kelurahan Jua-Jua Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir? (3) Bagaimana Faktor Pendukung Dan Penghambat Orang Tua Dalam Penanaman Pendidikan Ibadah Shalat Pada Anak Di Lingkungan IV RT.04 Kelurahan Jua-Jua Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir? Penelitian ini bertujuan untuk memgetahui: (1) Untuk mengetahui bagaimana peranan orang tua dalam penanaman pendidikan ibadah shalat pada anak di Lingkungan IV RT.04 Kelurahan Jua-Jua Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. (2) Untuk mengetahui kondisi ibadah shalat pada anak di Lingkungan IV RT.04 Kelurahan Jua-Jua Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam penanaman pendidikan ibadah shalat pada anak di Lingkungan IV RT.04 Kelurahan Jua-Jua Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis data yang dilakukan dengan menghasilkan data deskriptif tentang orang melalui tulisan atau kata-kata yang diucapkan dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, Peran orang tua dalam Penanaman Pendidikan Ibadah Shalat pada anak di Lingkungan IV RT.04 Kelurahan Jua-Jua Kecamatan Kayuagung Kabupten Ogan Komering Ilir masih kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari peran yang dilakukan orang tua yaitu kurang memberikan keteladanan. kedua, kondisi ibadah shalat pada anad di lingkungan tersebut masih kurang baik seperti malasnya mengerjakan shalat lima waktu secara rutin. Dan ketiga, faktor yang menghambat dalam pelaksanaan penanaman pendidikan ibadah shalat pada anak yaitu beberapa orangtua masih kurangnya ilmu pengetahuan Islam terutama ilmu ibadah shalat, serta kesibukan orang tua yang membuat anaknya terbengkalai untuk masalah ibadah shalat dan adapun untuk factor pendukungnya adalah adanya sarana dan prasarana yang mendukung anak untuk menempuh ilmu tentang ibadah shalat seperti adanya TPA, serta kemajuan teknologi bisa membuat para orang tua terbantu dalam mengajarkan pendidikan ibadah shalat. Kata Kunci: Peranan, Orang Tua, Pendidikan Ibadah Shalat, Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Sayid Habiburrahman, S.Pd.,M.Pd.I Pembimbing 2 : Nur Azizah, S.Ag.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peranan, Orang Tua, Pendidikan Ibadah Sholat, Anak
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 23 May 2023 05:05
Last Modified: 23 May 2023 05:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25405

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.