EFEKTIFITAS PENERAPAN E-COURT DALAM PENYELESAIAN PERKARA DI PENGADILAN AGAMA KELAS 1A PALEMBANG

Anisa Yusnita Ningsih, NIM. 632019010 (2023) EFEKTIFITAS PENERAPAN E-COURT DALAM PENYELESAIAN PERKARA DI PENGADILAN AGAMA KELAS 1A PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
632019010_BAB 1_DAFUS.pdf

Download (963kB) | Preview
[img] Text
632019010_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
632019010_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
632019010_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
632019010_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
632019010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
632019010_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img] Text
632019010_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Anisa Yusnita Ningsih. Nim : 632019010. Judul : Efektifitas Penerapan E-court Dalam Penyelesaian Perkara Di Pengadilan Agama Kelas IA Palembang. Hukum selalu berkembang begitupula dengan hukum acara persidangan di Pengadilan. Pemerintah sebagai penyedia utama layanan publik dituntut untuk mengikuti perkembangan begitupun lembaga peradilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan e-court dalam penyelesaian perkara, serta faktor penghambat dan pendukung di Pengadilan Agama Kelas IA Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. jenis data yang digunakan yaitu data subjek dan data objek yang bersumber dari data primer hasil wawancara dengan informan dan sekunder bersumber dari jurnal-jurnal dan sumber lain yang dianggap relevan dengan penelitian yang diangkat. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data yaitu pemeriksaan data (editting), klasifikasi (classfying), verifikasi (verifying). Data yang diperoleh kemudian dianalisis lalu disimpulkan sebagai hasil akhir dari penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pelaksanaan e-court dalam menyelesaikan perkara di Pengadilan Agama Kelas IA Palembang sudah dapat dikatakan efektif. Karena prosesnya sudah sesuai dengan asas peradilan yaitu cepat sederhana dan biaya ringan. Pengadilan Agama Palembang Hal itu dapat dilihat berdasarkan jumlah perkara yang menggunakan e-court pada tahun 2022 pengguna terdaftar e-court sebanyak 787 perkara dan yang terselesaikan sebanyak 878 perkara. Dari banyaknya jumlah perkara yang menggunakan e-court dalam setahun belakangan ini sudah dapat membuktikan bahwa efektifitas penyelesaian e-court dalam menyelesaikan perkaranya di Pengadilan Agama Kelas IA Palembang sudah efektif. Hanya saja masyarakat para pencari keadilan kurang mengetahui mengenai teknologi, yang mengakibatkan e-court kurang diminati dan lebih memilih beracara secara manual, padahal menggunakan e-court penyelesaian perkaranya lebih cepat, sederahana dan biayanya pun ringan adapun faktor penghambat dan pendukung terhadap pelaksanaan e-court di Pengadilan Agama Kelas IA Palembang, yang menghambat terhadap pelaksanaan e-court adalah kendala jaringan, karena mengakses e-court dibutuhkan internet yang memadai. Kata kunci : efektifitas e-court, faktor penghambat dan pendukung e-court

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Saipuddin Zahri, S.H., M.H 2. Yahya, S.Pd.I,. Lc,. M.P.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : efektifitas e-court, faktor penghambat dan pendukung e-court
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 21 May 2023 23:59
Last Modified: 21 May 2023 23:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25353

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.