Perlindungan terhadap anak yang menjadi korban perdagangan orang ( child trafficking)

amanda mutia carissa, 502019218 (2023) Perlindungan terhadap anak yang menjadi korban perdagangan orang ( child trafficking). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502019218-BAB I- DAFTAR PUSTAKAA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502019218-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
502019218-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
502019218-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
502019218-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
502019218-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
502019218-Cover-sampai-Lampirann.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perlindungan Terhadap Anak Yang Menjadi Korban Perdagangan Orang Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia Amanda Mutia Carissa Indonesia semakin banyak anak yang menjadi korban perdagangan orang atas dasar ini penulis melakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi terjadinya perdagangan anak dan bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap korban tindak pidana perdagangan orang dalam perspektif hak asasi manusia. Metode penelitian yang dipergunakan adalah penelitian normatif. Hasil penelitian dan pembahasan dalam penulisan skripsi ini yaitu sebagai berikut:1. Kendala kendala dalam perlindungan hukum bagi korban tindak pidana perdagangan orang yaitu meskipun pemerintah telah mengeluarkan UU No. 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang, dalam penerapannya undang-undang ini belum bisa diberlakukan secara efektif, dikarenakan adanya beberapa kendala yang dihadapi baik kendala dari faktor non- yuridis maupun yuridis. Disamping itu faktor fasilitas serta sarana masih kurang mendukung dalam penegakkan UU Nomor 21 Tahun 2007 ini. 2. Bentuk perlindungan hukum terhadap korban tindak pidana perdagangan orang harus diberikan dengan berbagai cara yang sesuai dengan kerugian yang telah diderita oleh para korban baik itu kerugian yang bersifat psikis maupun mental. Pelanggaran terhadap hak anak yang marak terjadi adalah eksploitasi, yang disebabkan oleh berbagai macam modus, diantara sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT), Pengemisan dan Pergelandangan, Pekerja Seks Komersial, dan bahkan yang paling modern adalah modus Adopsi anak, tetapi ternyata menjadi donor organ tubuh. Untuk menghentikan eksploitasi kepada anak dan perempuan, sudah saatnya semua pihak harus menghargai toleransi, perbedaan, HAM, dan pluralisme, sebagai salah satu bentuk perlindungan hukum. Kata Kunci : Perlindungan hukum, Anak, Perdagangan orang, HAM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1 : Dr. Serlika Aprita SH,.MH pembimbing 2 : Hasanal Mulkan SH,.MH
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perlindungan hukum, Anak, Perdagangan orang, HAM
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 17 May 2023 07:31
Last Modified: 17 May 2023 07:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25316

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.