PEMBERIAN KREDIT KEPADA USAHA KECIL MENENGAH OLEH PT. BANK SUMSELBABEL SYARIAH CABANG PALEMBANG

KARAN SAXSENA, NIM. 502019190 (2023) PEMBERIAN KREDIT KEPADA USAHA KECIL MENENGAH OLEH PT. BANK SUMSELBABEL SYARIAH CABANG PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502019190_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502019190_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
502019190_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
502019190_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
502019190_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
502019190_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502019190_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimanakah upaya penyelesaian bagi pengusaha usaha kecil menengah yang tidak melunasi kredit yang diberikan oleh PT. Bank Sumsel babel Syariah cabang Palembang?Apakah akibat hukum bagi pengusaha usaha kecil menengah yang tidak melunasi kredit yang diberikan oleh PT. Bank Sumsel Babel Syariah cabang Palembang?. Jenis penelitian hukum ini adalah “penelitian hukum sosiologis. Tipe penelitian ini adalah bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan. Berdasarkan penelitian dan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa : Upaya penyelesaian bagi pengusaha usaha kecil menengah yang tidak melunasi kredit yang diberikan oleh PT. Bank Sumsel babel Syariah cabang Palembang yaitu terdapat upaya lain sebelum dilakukan upaya hukum seperti eksekusi jaminan yaitu upaya administrasi penyelesaian kredit bermasalah dapat dilakukan dengan cara administrasi terlebih dahulu, antara lain : Penjadwalan kembali (rescheduling), Yaitu perubahan syarat kredit yang menyangkut jadwal pembayaran dan atau jangka waktu termasuk masa tenggang, baik meliputi perubahan besarnya angsuran maupun tidak. Penataan kembali (restructuring), Yaitu perubahan syarat-syarat kredit yang menyangkut penambahan dana bank, dan atau konversi seluruh atau sebagian tunggakan bunga menjadi pokok kredit baru, dan atau konversi seluruh atau sebagian dari kredit menjadi penyertaan dalam perusahaan.Persyaratan kembali (reconditioning), Yaitu perubahan sebagian atau seluruh syarat-syarat kredit yang tidak terbatas pada perubahan jadwal pembayaran, jangka waktu dan atau persyaratan lainnya sepanjang tidak menyangkut perubahan maksimum saldo kredit. Dan Akibat vhukum bagi pengusaha usaha kecil menengah yang tidak melunasi kredit yang diberikan oleh bank Sumsel babel Syariah cabang Palembang, maka hal yang pertama kali dilakukan oleh pihak bank selaku kreditur yaitu Upaya Preventif bertujuan untuk mencegah agar kredit tidak bermasalah, pada tahap ini pihak bank akan melakukan penilaian dengan seksama terhadap berbagai aspek yaitu dengan melakukan analisa kredit dengan menerapkan the Five C of Credit anlysis. upaya Represif bertujuan untuk melakukan penyelamatan kredit dan penyelesaian melalui lembaga hukum atau pengadilan dengan langkah somasi, kemudian gugatan kepada debitur dan yang terakhir eksekusi putusan pengadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Heni Marlina, SH., MH 2. Rusniati, SE., SH., MH
Uncontrolled Keywords: Kredit Usaha Kecil, Bank SumselBabel Syariah
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 17 May 2023 03:59
Last Modified: 17 May 2023 03:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25304

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.