PENDIDIKAN ANAK PEREMPUAN DALAM KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF ISLAM

AULIA FEBRIANTI, 622019019 (2023) PENDIDIKAN ANAK PEREMPUAN DALAM KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622019019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
622019019_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
622019019_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
622019019_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
622019019_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
622019019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
622019019_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
622019019_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perempuan merupakan sumber daya umat manusia oleh karenanya peradaban dan sejarah Islam penuh dengan perempuan dan mujahidah sejati. Dengan demikian, mendidik anak perempuan sangat urgen dan bahkan penting untuk keluarga terutama orang tua melihat banyaknya tantangan yang harus dihadapi anak perempuan. Diantaranya kerusakan dan kenakalan yang terjadi pada anak perempuan saat ini, baik di sekolah, perguruan tinggi, jalanan, pusat pembelajaan, maupun sarana transportasi, berkurangnya rasa malu sebagai bagian dari jati diri muslimah dalam berbagai bentuk perilaku, potensi perempuan sebagai sumber ujian yang berat bagi laki-laki, dan kurangnya wawasan orang tua tentang petunjuk Nabi dalam mendidik anak perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pendidikan anak perempuan dalam keluarga dan peran keluarga dalam pendidikan anak perempuan menurut perspektif Islam. Skripsi ini menggunakan metode Library Research, yaitu penelitian yang dilakukan di perpustakaan yang objek penelitiannya dicari lewat beragam informasi kepustakaan (buku, jurnal ilmiah, koran, majalah, dokumen, internet) dan lain sebagainya. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan dalam penelitian ini adalah literatur (kepustakaan), sehingga penelitian ini menggunakan kajian dengan cara mempelajari, mendalami, mengutip teori-teori dan konsep-konsep dari sejumlah data pada buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan anak perempuan dalam keluarga menurut perspektif Islam. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: pendidikan anak perempuan dalam keluarga menurut perspektif Islam adalah dengan mengikuti metodemetode pendidikan yang sesuai dengan ajaran Islam diantaranya melalui pendidikan keteladanan, pendidikan dengan nasihat, pendidikan dengan perhatian, dan yang terakhir melalui pendidikan dengan pembiasaan kemudian peran keluarga dalam mendidik anak perempuan menghadapi tantangan saat ini adalah dengan mengajarkan pengetahuan tentang haid (reproduksi), mengajarkan kewajiban mengenakan hijab/jilbab, dan mengajarkan adab dalam pergaulan. Namun, banyak faktor yang mempengaruhi dan menghambat pendidikan anak perempuan yang membuat mereka rentan terhadap gangguan seperti bullying dan pelecehan seksual. Maka dari itu perlu adanya kerja sama antar keluarga dalam mendidik anak perempuannya yang sesuai dengan ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Yuslaini, M.Pd 2. Yuniar Handayani, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Anak Perempuan, Keluarga, Ajaran Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 16 May 2023 07:19
Last Modified: 16 May 2023 07:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25279

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.