MELSANDI, NIM. 502019335 (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN ATAS TIDAK SESUAINYA PEMBELIAN BARANG DI TOKOPEDIA DIDASARKAN UNDANGUNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
502019335_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
502019335_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
Text
502019335_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
Text
502019335_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
Text
502019335_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
Text
502019335_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
502019335_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perlindungan konsumen pada saat ini tidak dapat dipisahkan dari dunia kegiatan perdagangan. Dalam kegiatan perdagangan ini diharapkan menimbulkan keseimbangan antara hak dan kewajiban antara pelaku usaha dan Konsumen. Upaya untuk memberikan perlindungan yang memadai terhadap kepentingan konsumen merupakan suatu hal yang penting dan mendesak untuk segera dicari solusinya, terutama di Indonesia, mengingat sedemikian kompleksnya permasalahan yang menyangkut perlindungan konsumen, lebih-lebih menyongsong era perdagangan bebas yang akan datang. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaturan hukum tentang perlindungan konsumen yang mengalami kerugian atas pembelian barang dengan perantara melalui tokopedia dan tanggung jawab pelaku usaha atas pembelian barang tersebut. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum normatif yang diambil dari data sekunder dengan mengelolah data dari bahan hukum sekunder, bahan hukum primer dan bahan hukum tersier. Berdasarkan hasil penelitian perlindungan hukum terhadap konsumen di dalam transaksi secara online di Indonesia saat ini cukup baik, karena sudah terdapat beberapa peraturan perundang-undangan terkait masalah tersebut. Pengetahuan konsumen mengenai perlindungan konsumen dalam transaksi secara online masih sangat kurang. Maka seringkali yang terjadi konsumen sebagai pembeli tidak dapat berbuat banyak hanya dapat protes melalui situ layanan jual beli secara elektronik yaitu Tokopedia. Tanggung jawab hukum pelaku usaha disini adalah melakukan ganti rugi karena terbukti melakukan pelanggaran terhadap konsumen yang pada umumnya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pengembalian dana atau penggantian barang baru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Drs. Edy Kastro,M.Hum 2. Koesrin Nawawie A., SH., MH |
Uncontrolled Keywords: | kajian hukum, perlindungan konsumen, pelaku usaha |
Subjects: | Ilmu Hukum > Hukum Perdata |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Hukum |
Date Deposited: | 17 May 2023 01:25 |
Last Modified: | 17 May 2023 01:25 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25254 |
Actions (login required)
View Item |