ANALISIS YURIDIS TERHADAP PENYEDIA LAYANAN APLIKASI GAME ONLINE SEBAGAI PENYELENGGARA SISTEM DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

THORIQ AL'AIDI, NIM : 502017289 (2022) ANALISIS YURIDIS TERHADAP PENYEDIA LAYANAN APLIKASI GAME ONLINE SEBAGAI PENYELENGGARA SISTEM DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017289_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017289_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502017289_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502017289_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
502017289_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
502017289_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
502017289_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS YURIDIS TERHADAP PENYEDIA LAYANAN APLIKASI GAME ONLINE SEBAGAI PENYELENGGARA SISTEM DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK Permasalahan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: Bagaimana perlindungan hukum atas data akun game online berdasarkan undang undang no.19 Tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik? Bagaimana tanggung jawab penyedia layanan aplikasi game online sebagai penyelenggara sistem dan transaksi elektronik? Selaras dengan tujuan yang bermaksud untuk mengetahui perlindungan hukum atas data akun game online berdasarkan undang - undang no 19 tahun 2016 tentang informasi dan Transaksi Elektronik dan tanggung jawab penyedia layanan aplikasi game online sebagai penyelenggara sistem dan transaksi elektronik, maka jenis penelitian ini adalah hukum normative yang bersifat deskriptif ( menggambarkan) oleh karenanya tidak bermaksud untuk menguji hipotesa. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dilakukan maka dapat di tarik kesimpulan sebagai berikut: Perlindungan hukum atas data akun game online berdasarkan undang undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang informasi dan Transaksi Elektronik dengan melihat data dalam bentuk akun game online tersebut hanya memiliki satu unsur saja. Walaupun data dalam bentuk akun game online terdiri dari beberapa unsur tetap saja keseluruhannya merupakan satu kesatuan dalam bentuk akun game online, apabila akun game online dilindungi sebagai bentuk data pribadi maka keseluruhan unsur di dalamnya akan ikut terlindungi sebagai satu kesatuan data pribadi, begitu pula apabila dilindungi dengan dasar akun game online sebagai data hak cipta. Maka dari itu data dalam bentuk akun game online dapat dilindungi dengan salah satu dari pasal 25 dan pasal 26 ayat (1) dan ayat (2) undang - undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang informasi dan Transaksi Elektronik. Tanggung jawab penyedia layanan aplikasi game online sebagai penyelenggara sistem dan transaksi elektronik adalah sebagai penyelenggara sistem elektronik dengan mengikuti standar yang berlaku dalam komunitasnya dan atau terhadap penerapan pedoman pemerintah sebagai patokan melakukan upaya yang terbaik untuk menjaga mutu penyelenggara jasa ( quality of service ) terhadap pengguna sistem elektronik dan tanggung jawabnya sebagai pengusaha terhadap konsumen. Kata kunci : Perlindungan Hukum, Data Akun, Game Online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Nur Husni Emilson, SH., Sp.N., MH 2. Luil Maknun, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Perlindungan Hukum, Data Akun, Game Online
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 16 May 2023 01:36
Last Modified: 16 May 2023 01:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25237

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.