ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI DAN PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI YANG MENGGUNAKAN BENIH PADI BERSERTIFIKAT DI DAERAH PASANG SURUT DI DESA TELANG KARYA KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN

LULUK MILENIA HASANAH, NIM. 412018075 (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI DAN PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI YANG MENGGUNAKAN BENIH PADI BERSERTIFIKAT DI DAERAH PASANG SURUT DI DESA TELANG KARYA KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412018075_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (822kB) | Preview
[img] Text
412018075_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
412018075_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
412018075_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
412018075_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
412018075_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
412018075_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
412018075_cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

LULUK MILENIA HASANAH Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Petani dan Perbandingan Pendapatan Usahatani Padi Yang Menggunakan Benih Padi Bersertifikat di Daerah Pasang Surut di Desa Telang Karya Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin Dibimbing Oleh HARNIATUN ISWARINI dan INNIKE ABDILLAH FAHMI. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan petani menggunakan benih padi bersertifikat di daerah pasang surut pada usahatani padi dan untuk mengetahui perbandingan pendapatan usahatani padi yang menggunakan benih padi bersertifikat dan benih padi non sertifikat. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Telang Karya Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin pada bulan Agustus Sampai September 2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Metode penarikan contoh dalam penelitian ini menggunakan metode Disproportionate Stratified Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi langsung kepada responden yang telah ditentukan menggunakan alat bantu kuesioner yang telah disiapkan. Metode pengolahan data yang digunakan yaitu editing, coding dan tabulasi. Selanjutnya untuk analisis data menggunakan analisis regresi logistik.Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam penggunaan benih padi bersertifikat dalam usahatani padi yaitu faktor luas lahan, faktor pendapatan dan faktor harga benih. Dan untuk perbandingan pendapatan terdapat perbedaan pendapatan yang signifikan antara petani yang menggunakan benih padi bersertifikat dengan petani yang menggunakan benih padi non sertifikat di Desa Telang Karya Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Harniatun Iswarini, S.P.,M.Si 2. Innike Abdillah Fahmi, S.P.,M.Si
Uncontrolled Keywords: keputusan petani, benih padi bersertifikat, daerah pasang surut, usahatani padi, pendapatan
Subjects: Agribisnis > Budidaya Tanaman
Agribisnis > Produksi pertanian
Agribisnis > pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 15 May 2023 07:06
Last Modified: 15 May 2023 07:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25219

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.