UPAYA PENYULUH PERTANIAN MEMBINA PETANI JAMUR TIRAM DI DESA PURWOSARI KECAMATAN SEMBAWA (Studi Kasus Petani di Desa Purwosari)

MERRY ALKHAIRA, NIM. 412019080 (2023) UPAYA PENYULUH PERTANIAN MEMBINA PETANI JAMUR TIRAM DI DESA PURWOSARI KECAMATAN SEMBAWA (Studi Kasus Petani di Desa Purwosari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412019080_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (833kB) | Preview
[img] Text
412019080_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
412019080_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
412019080_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
412019080_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
412019080_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
412019080_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412019080_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa upaya penyuluh pertanian dalam membina petani jamur tiram di Desa Purwosari Kecamatan Sembawa dan apa saja kendala dalam membudidayakan jamur tiram di Desa Purwosari Kecamatan Sembawa. Penelitian ini telah dilaksanakan di Desa Purwosari Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Pada bulan Januari – Febuari 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus (Case Study) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen Non-probability Sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini diketahui bahwa upaya penyuluh Desa Purwosari dalam membina petani jamur tiram melalui pelatihan, pendampingan serta diskusi atau demplot. Pelatihan yang dilakukan untuk membantu petani dalam mendapatkan informasi terkini tentang teknologi pertanian. Pendampingan dapat membantu petani jamur tiram dalam mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang mungkin timbul selama proses budidaya, pendampingan penyuluh juga dapat membantu petani jamur tiram dalam memasarkan produk petani dan mencari peluang bisnis baru. Demplot (Demonstrasi Plot) atau diskusi merupakan bagian dari upaya penyuluh dalam membina petani jamur tiram secara langsung sehingga petani dapat memperoleh pengalaman langsung. Sedangkan kendala-kendala dalam budidaya jamur tiram Desa Purwosari terdapat pada serangan penyakit maupun hama pada media tanam, suhu lingkungan yang tidak stabil sehingga memerlukan perhatian khusus serta masa panen yang singkat kerena masa panen jamur tidak boleh lebih dari 3 minggu setelah puncak pertumbuhan jika terlambat jamur akan membusuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. H. Rahidin H. Anang, Ir. MS. 2. Puri Pratami Ardina Ningrum, S.P., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan Pertanian, Upaya Penyuluh, Pembinaan Petani, Kendala Budidaya Jamur Tiram
Subjects: Agribisnis > Budidaya Tanaman
Agribisnis > Penyuluhan Pertanian
Agribisnis > Produksi pertanian
Agribisnis > pertanian
Agribisnis > Holtikultura ,tanaman alkaloidal (tembakau, teh, kopi, kakao dll)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 15 May 2023 01:56
Last Modified: 15 May 2023 01:56
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25189

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.