EKSEKUSI LELANG HAK TANGGUNGAN MELALUI PARATE EKSEKUSI DI PENGADILAN AGAMA (Studi Kasus Putusan Nomor 2284/Pdt.G/2020/PA.Mdn)

UUT MUTHMAINAH, NIM. 91220033 (2022) EKSEKUSI LELANG HAK TANGGUNGAN MELALUI PARATE EKSEKUSI DI PENGADILAN AGAMA (Studi Kasus Putusan Nomor 2284/Pdt.G/2020/PA.Mdn). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
91220033_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
91220033_UUT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK EKSEKUSI LELANG HAK TANGGUNGAN MELALUI PARATE EKSEKUSI DI PENGADILAN AGAMA (Studi Kasus Putusan Nomor 2284/Pdt.G/2020/PA.Mdn) Oleh UUT MUTHMAINAH Undang-undang Hak Tanggungan memberikan kemudahan dan kepastian Pemegang Hak Tanggungan melaksanakan eksekusi melalui pelelangan umum. Eksekusi hak tanggungan dapat dilakukan dua cara yaitu Parate Eksekusi berdasarkan Pasal 6 Undang-undang Hak Tanggungan, atau melalui Fiat Eksekusi Pengadilan Agama berdasar Pasal 14 ayat (2) dan (3) Undang-undang Hak Tanggungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah pelaksanaan eksekusi lelang hak tanggungan melalui parate eksekusi? dan 2) Apa dasar pertimbangan hukum majelis hakim dalam putusan perkara nomor 2284/Pdt.G/2020/PA.Mdn?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Eksekusi lelang hak tanggungan melalui parate eksekusi menimbulkan ketidakpastian hukum bagi Pemegang Hak Tanggungan, pembeli lelang dan pihak lain yang terkait eksekusi hak tanggungan yang harus sesuai dengan ketentuan yang memenuhi asas kepastian hukum diharapkan lelang hak tanggungan merupakan jalan keluar terakhir bagi Pemegang Hak Tanggungan dalam menyelesaikan masalah dalam sebagaimana diatur dalam Pasal 224 HIR/258 RBg; 2) Putusan Pengadilan Agama Nomor 2284/Pdt.G/2020/PA.Mdn dalam amar putusannya menyatakan menolak eksepsi Tergugat I dan dalam pokok perkara menyatakan menolak gugatan Penggugat seluruhnya dengan dasar pertimbangan lelang eksekusi yang dilakukan oleh Tergugat I melalui Tergugat II melalui parate eksekusi telah sesuai dengan hukum sehingga tidak mengandung unsur perbuatan melawan hukum karena pelaksanaan lelang tersebut telah sesuai dengan ketentuan pasal 6 Undang-Undang Nomor 4 tahun 1996 tentang Hak Tanggungan atas tanah beserta benda-benda yang berkaitan dengan tanah. . Kata Kunci: eksekusi lelang, hak tanggungan, parate eksekusi, Pengadilan Agama

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Arief Wisnu Wardhana, SH., M.Hum 2. Dr. Erli Salia, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: eksekusi lelang, hak tanggungan, parate eksekusi, Pengadilan Agama
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 13 May 2023 07:22
Last Modified: 13 May 2023 07:22
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25164

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.