Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Metode Eksperimen dengan Media Power Pontinteraktif di Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 4 Palembang

Yetty Hastiana, Yetty (2018) Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Metode Eksperimen dengan Media Power Pontinteraktif di Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 4 Palembang. FKIP UM Palembang, Palembang, Sumatera Selatan. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Penelitian Mandiri kemampuan kognitid SMA 4 Plaju 2018.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

enelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh rendabnya rcspon (kemampuan kognitif) dan basil test siswa terhadap pelajaran biologj. Penelitian ini menekankan pada kemarnpuan kognitif siswa melalui penerapan metode eksperimen yang berbantu media power point (ppt) interaktif. Beberapa hal yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah dengan mencrapkan mctode eksperimen yang berbantu media Power Polnl lnlerokl/f menyebabkan hasil belajar dan motivasi siswa (dalam bentuk perubahan sikap dan akt.iviw) terhadap pclajaran biologi? Tujuan pcnelitian PTK ini adalah untuk mcningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pclajaran biologi melalui pcnerapan metode eksperimen berbantu media Power Point (PPT) lntera/cJif di kelas X MIPA 4 SMA Unggul Negeri 4 Palembang. Jenis pcnelitian ini masuk ke dalam kategori Penelitian Tindakan Kelas (Cla,11room Action Re.,earch) sering disingkat PTK. Adapun unit pcnelitian dalam kegiatan PTK ini adalah kelas X MIPA 4, dengao karakteristik siswa berjurnlah 33 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 21 perempuan. memiliki tingkatan kemarnpuan kognitif yang beragarn (variatif). Upaya perbaikan tindakan dengan menerapkan metode eksperimen berbantu media PPT interaktif. Setiap data dan informasi basil pcngarnatan direkam dan dicermati pada setiap pertemuan mulai dari tahap pra siklus, siklus J sampai siklus 2. Adapun aspck yang diamati yaitu upck kognitif, Aspck tersebut ditunjukan deogan parameter pcrubahan sikap, aktivitas dan nilai tes akhir pada tiap pertemuan. Berdasarkan basil pcngamatan mulai dari tahap pra siklus sampai siklus I, 2 berurutan diperoleh rata-rata nilai tes akhir: sebesar 53,3 ; 68,I 78,3. Hasil pengamatan terhadap aspck psikomotorik yang ditunjukkan dengan pcrubahan aktivitas positif pada siklus Isebesar 60,42; dan pada siklus 2 sebesar 72.27, yang didasarkan atas indikator: keaktifan secara pribadi, keaktifan dalam kelompok dan dalam kecakapan berkomunikasi di depan .kcJas. Berdasarlcan hasiJ peneJitian terbadap tiga aspek pcnilaian, dapat disimpulkan bahwa melalui pcnerapan metode eksperimen berbantu media Power Point interaktif akan dapat meningkatkan motivasi dan pengetahuan siswa Hal ini ditunjuk.kan dengan terjadinya peningkatan nilai tes akhir dan perubahan aspek psikomotorik siswa meojadi lebih bailc. Kala kunci: hasil belajar, motivasi belajar, meJode eksperimen, power point inleraktlf

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Dr. Yetty Hastiana M.Si
Date Deposited: 13 May 2023 04:32
Last Modified: 13 May 2023 04:32
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25150

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.