ANALISIS EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK BINA JAYA PALEMBANG

MERIYANI RAHAYU, NIM 622019006 (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK BINA JAYA PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img] Text
622019006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[img] Text
622019006_BAB II_LANDASAN TEORI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
622019006_BAB III_METODE PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
622019006_BAB IV_DESKRIPSI LOKASI, TEMUAN PENELITIAN DAN ANALISIS HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
622019006_BAB V_PENUTUP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
622019006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
622019006_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622019006_SKRIPSI_FULL COVER-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Meriyani, Rahayu. 2023. Skripsi yang berjudul Analisis Efektivitas Metode Demonstrasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Bina Jaya Palembang. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Jamalludin (II)Ayu Munawaroh Metode sebagai salah satu komponen yang ikut ambil bagian bagi keberhasilan kegiatan pembelajaran. Semakin baik metode itu, makin efektif pula pencapaian tujuan. Metode mengajar guru yang kurang tepat akan mempengaruhi semangat belajar siswa. Mengingat pentingnya metode dalam proses pembelajaran,. Karena itulah dalam studi ini penulis akan menjawab rumusan masalah dalam penelitian yaitu: (1) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam menggunakan metode demonstrasi di SMK Bina Jaya Palembang. (2) Efektivitas metode demonstrasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Bina Jaya Palembang. (3) Kelebihan dan kekurangan metode demonstrasi yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Bina Jaya Palembang. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif berbentuk deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). studi ini bertujuan untuk menganalisis metode demonstrasi yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Bina Jaya Palembang. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa: Pertama, Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam menggunakan metode demonstrasi di SMK Bina Jaya Palembang berjalan dengan baik. Hal ini di buktikan bahwa penyampaian materi baik secara teori maupun praktik, dapat diterima oleh siswa dengan lebih cepat dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Kedua Efektivitas metode demonstrasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Bina Jaya Palembang sudah efektif. Hal ini dibuktikan dengan siswa lebih cepat memahami dan mempraktikannya, dapat meningkatkan kepercayaan diri, melatih kreativitas siswa, pembelajaran juga terasa lebih dominan dan tidak monoton, lebih efektif dan efisien dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ketiga Kelebihan dan kekurangan metode demonstrasi yang digunakan di SMK Bina Jaya Palembang. Kelebihannya siswa dapat langsung bisa melihat secara langsung, lebih efektif dan efisien. Adapun Kekurangannya yaitu siswa kurang terkontrol dalam pelaksanaan belajar berkelompok dan kurangnya ketersediaan waktu yang ada. Kata kunci : Efektivitas, Metode Demonstrasi, Pai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. Dr. Jamalludin, S.Ag., M.Pd.I 2. Ayu Munawaroh, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: EFEKTIVITAS, METODE DEMONSTRASI, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 11 May 2023 05:11
Last Modified: 11 May 2023 05:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25083

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.