DAMPAK KEBERADAAN PERUSAHAAN KELAPA SAWIT (PT. SAMORA USAHA JAYA) TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA PELIMBANGAN KECAMATAN CENGAL KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Gusti Prayogi, 412015107 (2023) DAMPAK KEBERADAAN PERUSAHAAN KELAPA SAWIT (PT. SAMORA USAHA JAYA) TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA PELIMBANGAN KECAMATAN CENGAL KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412015107_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
412015107_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412015107_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412015107_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412015107_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412015107_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412015107_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412015107_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak GUSTI PRAYOGI, “Analisis Pendapatan Dan Tataniaga Karet Di Desa Cengal Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir ” Dibimbing Oleh RAHMAT KURNIAWAN dan SISVABERTI AFRIYATNA. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui untuk mengetahui dampak keberadaan perkebunan kelapa sawit terhadap kondisi sosial petani sawit plasma u dan ntuk mengetahui dampak keberadaan perkebunan kelapa sawit terhadap kondisi ekonomi petani sawit plasma di Desa Pelimbangan Kecamaan Cengal Kabupaten OKI.. Metode penelitian ini menggunakan metode survey. Metode penarikan contoh dalam penelitian ini yaitu metode simple random sampling. Adapun informan (Narasumber) dari penelitain ini adalah petani sawit plasma yang tinggal disekitaran pembangunan perkebunan, buruh tani dan aparatur desa. Dalam penelitian ini, terdapat narasumber atau masyarakat desa yang bekerja ataupun menjadi buruh di perkebunan sawit terdapat kurang lebih 70 kk. Disini peneliti mengambil sampel dari narasumber atau informan sebanyak 20 orang sebagai informan yang terdiri, 1 dari aparatur desa dan 10 orang petani sawit plasma yang bekerja di perkebunan dan 9 petani sawit plasma yang tidak bekerja sebagai buruh di perkebunan. Hasil penelitian menunjukan kehidupan sosial masyarakat di Desa Pelimbangan Kecamatan Cengaldari aspek pendidikan sangatlah baik setelah adanya perusahaan karna memberikan dampak yang sangat positif bagi kondisi pendidikan masyarakat, ketika sebelum adanya perusahaan kondisi pendidikan masyarakat sangatlah tidak baik. Sedangkan dari aspek interaksi sosial masyarakat sebelum adanya perusahaan sangat baik,tetapi setelah adanya perusahaan interaksi sosial masyarakat kurang baik. Dan dari aspek kesejahteraan dampak adanya perusahaan membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat, ketika sebelum adanya perusahaan kesejahteraan masyarakat sangat kurang baik. Berdasarkan kehidupan ekonomi masyarakat di Desa Pelimbangan Kecamatan Cengal ditinjau dari aspek pendapatan dampak adanya perusahaan membawa dampak yang sangat positif bagi pendapatan masyarakat,sebelum adanya perusahaan pendapatan sangatlah rendah. Sedangkan pada mata pencaharian sebelum adanya perusahaan mata pencaharian masyarakat sangatlah rendah tetapi sesudah adanya perusahaan mata pencaharian masyarakat justru sangat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Rahmat Kurniawan, S.P., M.Si 2. Sisvaberti Afriyatna, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Dampak, Keberadaan Perusahaan Kelapa Sawit (Pt. Samora Usaha Jaya), Sosial Ekonomi Desa Pelimbangan Masyarakat
Subjects: Agribisnis > tanaman ladang dan perkebunan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 11 May 2023 05:18
Last Modified: 11 May 2023 05:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25056

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.