ANALISIS PEMASARAN KARET RAKYAT DI DESA CENGAL KECAMATAN CENGAL KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Handika, 412017056 (2023) ANALISIS PEMASARAN KARET RAKYAT DI DESA CENGAL KECAMATAN CENGAL KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412017056_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
412017056_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412017056_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412017056_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412017056_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412017056_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412017056_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412017056_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran dan perilaku pasar karet di Desa Cengal Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode penelitian yang telah digunakan adalah metode survey, Metode penarikan contoh yang telah digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan Snowball sampling, Berdasarkan hasil prasurvey, jumlah populasi petani karet di Desa Cengal sebanyak 367 populasi dari enam dusun pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel responden secara sengaja dengan pertimbangan respoden yang memiliki lahan usahatani minimal 2 Ha, Sedangkan dalam menentukan responden dari tengkulak, padagang besar dan pabrik peneiliti menggunakan metode snowball sampling . Adapun Usahatani yang memilki lahan minimal 2 Ha sebanyak 18 petani.. Hasil penelitian menunjukan pada saluran pemasaran hasil karet di Desa Cengal Kecamatan cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir ada dua saluran pemasaran atau bersifat heterogen (pembagian pasar yang berbeda-beda) dimana petani menjual hasil karet kepada tengkulak sedangkan tengkulak bisa menjual kepada pedagang besar maupun menjual ke pabrik langsung sebagai konsumen akhir. Adapun perilaku pasar karet di Desa Cengal Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir adalah sebagai berikut : a)Pada tingkat Petani fungsi pertukaran pada tingkat patani hanya melakukan fungsi penjualan, pada fungsi fisik petani tidak melakukanya dan untuk fungsi fasilitas petani hanya melakukan informasi pasar. b) Pada tingkat tengkulak dimana fungsi pertukaran melakukan fungsi pembelian dan penjualan, begitu juga dengan fungsi fisik dan fungsi Falsilitas semua fungsi di lakukan pada tingkat tengkulak. c) Pada tingkat pedagang melakukan semua fungsi pertukaran dan fungsi fisik namun pada fungsi fasilitas pedagang besar hanya menjalakan fasilitas informasi pasar. d) Pada tingkat pabrik menjalankan keseluruhan fungsi-fungsi pemasaran karena pabrik adalah sebagai penentu awal dan akhir dalam melakukan pembelian bokar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1.Rahmat Kurniawan, S.P.,M.Si 2.Innike Abdillah Fahmi, S.P.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : analisis, pemasaran karet rakyat, dan Cengal
Subjects: Agribisnis > pemasaran pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 11 May 2023 05:29
Last Modified: 11 May 2023 05:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25011

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.