STUDI MANAJEMEN USAHATANI DAN DAMPAK DIPEROLEHNYA SERTIFIKAT PRODUK PRIMA TIGA TERHADAP USAHATANI JERUK SIAM DI DESA BUDI MULYA KECAMATAN AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN

RIKI RIYANTO, NIM. 412018045 (2023) STUDI MANAJEMEN USAHATANI DAN DAMPAK DIPEROLEHNYA SERTIFIKAT PRODUK PRIMA TIGA TERHADAP USAHATANI JERUK SIAM DI DESA BUDI MULYA KECAMATAN AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412018045_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (879kB) | Preview
[img] Text
412018045_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
412018045_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
412018045_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
412018045_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
412018045_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
412018045_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412018045_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen usahatani jeruk siam di Desa Budi Mulya Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin dan untuk mengetahui dampak diperolehnya Sertifikat Produk Prima Tiga terhadap usahatani jeruk siam di Desa Budi Mulya Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Budi Mulya Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Pada bulan Juni 2022 sampai bulan Agustus 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis pendekatan naratif untuk metode penarikan contoh digunakan metode Purposive sampling,dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang petani jeruk siam yang tergabung dalam Kelompok Tani Rukun Makmur. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara terstruktur dan mendalam kepada responden yang telah ditentukan. Metode pengolahan data yang digunakan (kondensasi data, penyajian data, menggambarkan dan menarik kesimpulan) dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan manajemen usahatani jeruk siam di Desa Budi Mulya sudah sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen, terlihat dari fungsi-fungsi manajemen yang diterapkan oleh petani terhadap usaha tani jeruk siam yang di lakukannya yaitu: Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan (Actuating), Pengendalian (Controlling). Sementara dampak diperolehnya Sertifikat Produk Prima Tiga terhadap usahatani jeruk siam di Desa Budi Mulya Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin belum memberikan dampak, dilihat dari faktor harga jualnya petani tidak merasakan adanya perubahan harga jual jeruk siam bersertifikat yaitu dikarenakan kurangnya informasi harga jual jeruk siam bersertifikat yang diterima petani, Dan dilihat dari faktor pemasarannya tidak ada perubahan dikarenakan petani jeruk siam yang bersertifikat di Desa Budi Mulya memiliki keterbatasan akses terhadap informasi pasar tentang permintaan jeruk siam bersertifikat, pemasaran jeruk siam di Desa Budi Mulya pun tidak ada perubahan mereka hanya mengandalkan pemborong dan tengkulak. Namun jika dilihat dari aktivitas usahatani jeruk siam, Sertifikat Produk Prima Tiga tersebut memberikan dampak terhadap aktivitas usahatani jeruk siam di Desa Budi Mulya yaitu petani banyak yang mengikuti SOP (Standard Operating Procedur) yang ditetapkan pada budidaya jeruk siam yaitu mulai dari melakukan proses seleksi bakal buah yang akan dibudidayakan dan bakal buah yang akan dibuang, pembatasan penggunaan pestisida, pembatasan penggunaan pupuk, serta melakukan proses panen pada buah yang memiliki tingkat kematangan 90% dan buah tidak boleh rusak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Harniatun Iswarini, S.P., M.Si 2. Innike Abdillah Fahmi, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Studi Manajemen Usahatani, Sertifikat Produk Prima Tiga , Usahatani Jeruk Siam
Subjects: Agribisnis > Budidaya Tanaman
Agribisnis > pertanian
Agribisnis > Holtikultura ,tanaman alkaloidal (tembakau, teh, kopi, kakao dll)
Agribisnis > tanaman ladang dan perkebunan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 11 May 2023 05:37
Last Modified: 11 May 2023 05:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/24984

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.