KEPUTUSAN ALIH FUNGSI LAHAN TANAMAN PADI KE AGROWISATA TANAMAN BELIMBING MANIS (Averrhoa Carambola.L) DI DESA E WONOKERTO KECAMATAN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS

Ade Suryani, NIM. 412019023 (2023) KEPUTUSAN ALIH FUNGSI LAHAN TANAMAN PADI KE AGROWISATA TANAMAN BELIMBING MANIS (Averrhoa Carambola.L) DI DESA E WONOKERTO KECAMATAN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412019023_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
412019023_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
412019023_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
412019023_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
412019023_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
412019023_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
412019023_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemilihan tanaman belimbing ini sudah layak dikembangkan di Desa E Wonokerto Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas dan untuk mengetahui bagimana faktor-faktor ekonomi sebagai keputusan petani mengalihfungsikan tanaman padi ke agrowisata tanaman belimbing manis di Desa E Wonokerto Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini dilaksanakan di Desa E Wonokerto Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan. Pada bulan Januari – Febuari 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Sedangkan metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus (nonprobability sampling). Hasil penelitian ini diketahui bahwa analisis perhitungan IFAS dan EFAS menunjukkan bahwa agrowisata belimbing manis memiliki skor kekuatan lebih besar yaitu sebesar 2,56 dibandingkan skor kelemahan yaitu 0,68 Sedangkan agrowisata belimbing manis memiliki skor peluang yang lebih besar yaitu sebesar 2,43 dibandingkan skor ancaman yaitu sebesar 0,33 dengan total IFAS 1,88 dan total EFAS 2,11. Sedangkan untuk analisis SWOT diketahui bahwa agrowisata belimbing manis terletak pada kuadran I, sebagai rekomendasi berupa strategi agresif yaitu strategi yang mampu menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Adapun alternatif strategi yang dapat dilaksanakan berupa meningkatkan daya tarik wisata yang dimiliki agrowisata untuk lebih menarik minat wisatawan. Sedangkan pada Faktor-faktor ekonomi sebagai keputusan petani dalam beralihfungsi lahan dari tanaman padi ke agrowisata tanaman belimbing manis bahwa faktor yang melatarbelakangi petani beralih ke usahatani agrowisata tanaman belimbing yakni panen buah belimbing 4 kali dalam satu tahun, produktivitas yang meningkat, pendapatan, dan informasi yang diperoleh petani tentang usahatani belimbing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.Ir. Mustopa Marli Batu Bara, M.P 2. Puri Pratami Ardina Ningrum,S.P.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Keputusan, Alih Fungsi Lahan, Tanaman Padi, Agrowisata Tanaman Belimbing
Subjects: Agribisnis > Budidaya Tanaman
Agribisnis > pertanian
Agribisnis > Holtikultura ,tanaman alkaloidal (tembakau, teh, kopi, kakao dll)
Agribisnis > tanaman ladang dan perkebunan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 10 May 2023 05:02
Last Modified: 10 May 2023 06:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/24958

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.