UPAYA HUKUM SATUAN LALU LINTAS POLRES OGAN KOMERING ILIR DALAM MENANGGULANGI PENGGUNAAN KNALPOT RACING (TIDAK STANDAR) DI WILAYAH KEPOLISIAN RESORT OGAN KOMERING ILIR

NOPPRI ISKANDAR, NIM : 50.2018.344 (2022) UPAYA HUKUM SATUAN LALU LINTAS POLRES OGAN KOMERING ILIR DALAM MENANGGULANGI PENGGUNAAN KNALPOT RACING (TIDAK STANDAR) DI WILAYAH KEPOLISIAN RESORT OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, FAKULTAS HUKUM.

[img]
Preview
Text
502018344_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018344_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
502018344_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
502018344_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
502018344_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
502018344_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
502018344_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA HUKUM SATUAN LALU LINTAS POLRES OGAN KOMERING ILIR DALAM MENANGGULANGI PENGGUNAAN KNALPOT RACING (TIDAK STANDAR) DI WILAYAH KEPOLISIAN RESORT OGAN KOMERING ILIR Oleh: Noppri Iskandar Knalpot adalah sarana pembuangan gas buang yang ditimbulkan dari pembakaran dalam mesin sepeda motor saat mesin tersebut dihidupkan. Kenyataan dimasyarakat seringkali pengendara sepeda motor mengganti knalpot, dengan knalpot yang mempunyai suara lebih keras atau yang lebih dikenal dengan sebutan knalpot racing.Peristiwa penggantian knalpot tersebut sebenarnya sebuah pelanggaran yang dilakukan oleh pelakunya, hal itu berkenaan dengan kegaduhan suara yang ditimbulkan di jalan bahkan gas buang yang dihasilkan berpotensi menimbulkan penyakit bagi masyarakat. Untuk itu rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana Implementasi peraturan mengenai penggunaan motor knalpot racing di jalan umum?, bagaimana polusi yang ditimbulkan oleh penggunaan motor berknalpot racing ? dan yang ketiga adalah bagaimana tindakan yang dilakukan kepolisian Resor kota Magelang dalam menangani penggunaan knalpot racing? Penelitian ini menggunakan penelitian hukum dengan pendekatan penelitian kualitatif hukum. Jenis penelitian ini adalah yuridis-sosiologis. Fokus penelitian pada Penegakan hukum terhadap kendaraan bermotor dengan” knalpot racing” di wilayah hukum Polres Ogan Komering Ilir Kota Kayuagung data ini menggunakan sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data dengan teknik triangulasi data dan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa implementasi peraturan terhadap penggunaan kendaraan bermotor dengan “knalpot racing” di Kepolisian Resor Magelang Kota menunjukan peningkatan dari tahun ke tahun . Penegakan hukum terhadap penggunaan motor “knalpot racing” sendiri masuk dalam penegakan hukum di bidang lalulintas . Kata Kunci : Penegakan Hukum, Knalpot Racing, Polres .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Yudistira Rusydi., SH., M. HUM 2. Heni Marlina, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penegakan Hukum, Knalpot Racing, Polres .
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 09 May 2023 05:28
Last Modified: 09 May 2023 05:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/24907

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.