IDENTIFIKASI DAN INTERPRETASI LINGKUNGAN (Aspek Ekologi, Hidrologi, Pola Tutupan Lahan dan Struktur Vegetasi) DI KAWASAN PASANG SURUT DAS BANYUASIN, SUMATERA SELATAN

Yetty Hastiana, Yetty and Yuanita Windusari, Yuanita and Sumi Amariena, Sumi (2009) IDENTIFIKASI DAN INTERPRETASI LINGKUNGAN (Aspek Ekologi, Hidrologi, Pola Tutupan Lahan dan Struktur Vegetasi) DI KAWASAN PASANG SURUT DAS BANYUASIN, SUMATERA SELATAN. In: Seminar Nasional Biologi XX dan Kongres Perhimpunan Biologi Indonesia XIV, 24-25 Juli 2009, Malang Jawa Timur.

[img]
Preview
Text
Prosiding Lingkungan Hidup_compressed.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kawasan pasut beserta potensi SDA (sumberdaya alam) dan karakter ekologis nya merupakan kekayaan SumSel. Dilihat dari luasan yang dimiliki, potensi ekosistem pasut masih dapat dioptimalkan. Petani di SumSel memanfaatkan lahan pasut untuk mengusahakan pertanian, peternakan, perikanan dan ekowisata. Ditinjau dari topografi dan geomorfologi, kawasan pasut SumSel berada di kawasan hilir (Coastal Lowland) DAS Musi. Kawasan yang mendapat pengaruh lingkungan pasut meliputi beberapa area: DAS Banyuasin dan DAS Sembilang, khususnya pada Sub DAS Sugihan Kiri Barat, Musi Hilir dan Sub DAS Banyuasin hilir. DAS Banyuasin sendiri terdiri dari lima Sub DAS, yaitu: Sugihan, Musi Hilir, Musi Tengah, Banyuasin dan Sembilang. Secara umum tipe habitat, vegetasi kawasan pasut SumSel dipengaruhi sistem estuarin. Pada kawasan ini terdapat muara sungai yang berasal dari rawa air tawar dan rawa gambut di sekitar ekosistem mangrove. Vegetasi kawasan ini didominasi mangrove dengan daratan lumpur dan pasir serta sejumlah delta yang kompleks. Di bagian hulu DAS Banyuasin, sebagian ekosistem berupa rawa payau dan rawa air tawar. Ekosistem ini mempunyai dua komponen lingkungan, yaitu teresterial dan akuatik, dikenal sangat produktif, tetapi peka terhadap gangguan. Pembahasan pola pengenalan karakter bentang alam dibatasi pada komponen: topografi, tekstur pengaliran, pola pengaliran, dan pola vegetasi (landcover). Interpretasi dan deskripsi pola tutupan lahan dan komposisi vegetasi pada kawasan ini difokuskan berdasarkan zonasi wilayah Sub DAS Banyuasin. Key Words: daerah aliran sungai, data spasial, landcover, ekologi pasut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Dr. Yetty Hastiana M.Si
Date Deposited: 08 May 2023 03:54
Last Modified: 08 May 2023 03:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/24848

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.