KAJIAN PSIKOLOGI DALAM FILM DIKTA & HUKUM KARYA DHIA’AN FARAH (IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA)

Diya Pramita, NIM. 312019030 (2023) KAJIAN PSIKOLOGI DALAM FILM DIKTA & HUKUM KARYA DHIA’AN FARAH (IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
skripsi diya pramita ump.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Pramita Diya. 2023. Kajian Psikologi dalam Film Dikta & Hukum Karya Dhia’an Farah dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Gunawan Ismail, M.Pd., C.Mt., dan (II) Surismiati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Psikologi Kepribadian, Id, Ego, Superego Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui psikologi kepribadian Id, Ego, dan Superego dalam film Dikta & Hukum karya Dhia’an Farah dan implementasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini berfokus pada kejiwaan tokoh dalam hidupnya. Penelitian ini bertujuan untum mendeskripsikan psikologi kepribadian tokoh utama menurut teori Sigmund Freud meliputi Id, Ego, dan Superego dalam film Dikta & Hukum karya Dhia’an Farah. Sumber data dalam penelitian ini adalah Film karya Dhia’an Farah yang berjudul Dikta & Hukum yang terdiri dari 10 Episode A dan B yang di sutradarai oleh Hadrah Deang Ratu. Metode penelitian ini kualitatif deskritif. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Hasil penelitian dalam film Dikta & Hukum karya Dhia’an Farah yaitu ada dua tokoh utama dalam film ini yaitu Dikta dan Nadhira. Kedua tokoh ini memiliki struktur kepribadian berdasarkan psikologi, Konflik batin dalam diri tokoh Dikta meliputi: rasa sedih, rasa ketakutan, rasa kesal, rasa kecewa, rasa haru, dan rasa putus asa karena penyakit yang di derita oleh Dikta. Sedangkan konflik batin dalam diri tokoh Nadhira meliputi: rasa kecewa, rasa kesal, rasa cemas, rasa sedih, rasa penyesalan, rasa marah dan rasa bersalah. Analisis yang dilakukan ini dilihat dari konflik batin berdasarkan Id, Ego, dan Superego yang ada dalam diri tokoh. Film ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka. Mata pelajaran ini diajarkan di semester genap pada kelas XI di Sekolah Menengah Atas (SMA). Peserta didik mementaskan drama secara kreatif dan menarik dengan memperhatikan norma kesopanan dan budaya Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Bahasa Indonesia > Membaca
Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 May 2023 03:19
Last Modified: 06 May 2023 03:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/24782

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.