Tradisi Membersihkan Bujang Gadis Dari Perbuatan Asusila (Mak Gawi) di Desa Gunung Ayu Kecamatan Tanjung Sakti PUMI Kabupaten Lahat

Reynaldi Muharom, NIM. 352016025 (2023) Tradisi Membersihkan Bujang Gadis Dari Perbuatan Asusila (Mak Gawi) di Desa Gunung Ayu Kecamatan Tanjung Sakti PUMI Kabupaten Lahat. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
352016025_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
352016025_ BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
352016025_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
352016025_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
352016025_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
352016025_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
352016025_LAMIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text
352016025_COVER_SAMPAI DENGAN _LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Muharom, Reynaldi. 2023. Tradisi Membersihkan Bujang Gadis Dari Perbuatan Asusila (Mak Gawi) di Desa Gunung Ayu Kecamatan Tanjung Sakti PUMI Kabupaten Lahat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Dr. Apriana, M.Hum. (2) Yuliarni, S.Pd.,M.Hum. Kata Kunci : Tradisi, Mak Gawi, Desa Gunung Ayu, Tanjung Sakti PUMI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis tentang Tradisi Membersihkan Bujang Gadis Dari Perbuatan Asusila (Mak Gawi) di Desa Gunung Ayu Kecamatan Tanjung Sakti PUMI kabupaten Lahat. Rumusan Masalah (1) Apa yang melatarbelakangi munculnya tradisi Membersihkan Bujang Gadis Dari Perbuatan Asusila (Mak Gawi) di Desa Gunung Ayu Kecamatan Tanjung Sakti PUMI Kabupaten Lahat?; (2) Bagaimana proses upacra tradisi Membersihkan Bujang Gadis Dari Perbuatan Asusila (Mak Gawi) di Desa Gunung Ayu Kecamatan Tanjung Sakti PUMI Kabupaten Banyuasin?; (3) Apa Dampak dari tradisi Membersihkan Bujang Gadis Dari Perbuatan Asusila (Mak Gawi) di Desa Gunung Ayu Kecamatan Tanjung Sakti PUMI Kabupaten Lahat)? Metode Penelitian yang digunakan penulis adalah metode historis yang menghasilkan penulisan sejarah (historiografi). Jenis Penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan geografi, pendekatan sosiologi, pendekatan budaya, pendekatan agama, pendekatan antropologi. Kesimpulan: (1) Latar belakang munculnya tradisi Mak Gawi berawal dari jaman kepemimpinan Semadun pada tahun 1930 sebagai Depati (kades) di Desa Gunung Ayu. Pada tahun 1930 diketahui dua orang muda mudi yang melakukan hubungan suami istri diluar nikah. Atas kejadian ini, tokoh masyarakat melakukan diskusi bagaimana cara untuk mencegah dan memberi efek jera atas kejadian serupa agar tidak terulang. Akhirnya menyimpulkan dan memutuskan untuk membentuk tradisi Mak Gawi. (2) Proses upacara tradisi membersihkan bujang gadis dari perbuatan asusila (Mak Gawi) di Desa Gunung Ayu Kecamatan Tanjung Sakti PUMI Kabupaten Lahat dimulai setelah persiapan telah selesai. pertama pembukaan, yang dilanjutkan dengan pemembacaan do’a Al-Fatihah, setelah selesai pembacaan do’a pembakaran kambing dimulai. Setelah pembakaran selesai tokoh adat akan memberikan nasihat kepada warga Desa Gunung Ayu, kemudian pembcaan do’a penutup menandakan upacara berakhir. (3) Dampak tradisi Mak Gawi bagi masyarakat di Desa Gunung Ayu ada tiga yaitu, sosial, budaya, dan agama. Dalam sosial budaya masyarakat semakin menyadari besarnya nilai budaya dalam tradisi Mak Gawi. Dampak dibidang agama, masyarakat menyadari bahwa bezina adalah perbuatan dosa yang dilarang dalam ajaran Islam. Saran tulisan ini diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah khususnya untuk mengangkat dan mengkaji tradisi-tradisi yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : (1) Dr. Apriana, M.Hum. (2) Yuliarni, S.Pd.,M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tradisi, Mak Gawi, Desa Gunung Ayu, Tanjung Sakti PUMI.
Subjects: Sejarah > Tempat-Tempat
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 05 May 2023 07:17
Last Modified: 05 May 2023 07:17
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/24746

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.