ANALISIS NILAI-NILAI PSIKOLOGI DALAM FILM LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY EKA NUR PRASETYAWATI SUMBANGAN DALAM PENGAJARAN SASTRA DI SMA

Holipah, NIM. 312019005 (2023) ANALISIS NILAI-NILAI PSIKOLOGI DALAM FILM LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY EKA NUR PRASETYAWATI SUMBANGAN DALAM PENGAJARAN SASTRA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
312019011_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img] Text
312019011_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
312019011_Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
312019011_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312019011_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312019011_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
312019011_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41MB)

Abstract

Holipah. 2023. Analisis Nilai Psikologis dalam Film Layangan Putus Mommy Eka Nur Prasetyawati Sumbangan dalam Pengajaran Sastra di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing: (I) Surismiati, S.Pd., M.Pd. dan (II) Supriatini, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: film, nilai psikologis, implikasi Latar belakang masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana aspek struktural dalam Film Layangan Putus meliputi tema, penokohan dan perwatakan, konflik dalam Film Layangan Putus dan bagaimana nilai-nilai psikolagi dalam Film Layangan Putus karya Mommy Eka Nur Prasetyawati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek struktural meliputi tema, penokohan dan perwatakan, konflik dalam Film Layangan Putus karya Mommy Eka Nur Prasetyawati dan mendeskripsikan nilai-nilai psikologi dalam Film Layangan Putus karya Mommy Eka Nur Prasetyawati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa kalimat, paragraf, yang mengembangkan nilai-nilai psikologi dalam Film Layangan Putus Karya Mommy Eka Nur Prasetyawati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik studi pustaka, yaitu teknik yang menggunakan sumber- sumber tertulis untuk memperoleh data. Peneliti menganalisis data dengan cara menonton Film Layangan Putus secara keseluruhan dan berulang-ulang perepisode guna memahami isi film, membuat sinopsip film Layangan Putus untuk memberikan gambaran cerita secara keseluruhan baik bagi peneliti maupun pembaca, menganalisis perepisode nilai-nilai psikologi yang terdapat dalam Film Layangan Putus, mengklasifikasikan nilai-nilai psikologi dalam Film Layangan Putus, mendeskripsikan nilai-nilai psikologi dalam Film Layangan Putus, menyimpulkan nilai-nilai psikologi dalam Film Layangan Putus dan mengimplikasikan terhadap pembelajaran di SMA. Kesimpulan dari analisis Film Layangan Putus Karya Mommy Eka Nur Prasetyawati terdapat beberapa nilai psikologi yakni psikologi Perkembangan mencakup 3 scene pada episode 10B, episode 2A dan episode 2B, psikologi Sosial mencakup 3 scene pada episode 10B, episode 3A dan episode 9B, psikologi Pendidikan mencakup mencakup 3 scene pada epsiode 10B dan episode 2A, psikologi Kepribadian Dan Tipologi mencakup 1 scene pada episode 4B, psikopatologi mencakup 3 scene pada episode 6B dan episode 8B, psikologi Diferensial Dan Psikodiognostik mencakup 3 scene pada episode 10B, episode 9A dan episode 3A, psikologi Criminal mencakup 3 scene pada episode 9B, episode 8A dan episode 8A, psikologi Parapsikologi mencakup 2 scene pada episode 9B dan episode 3B, psikologi Komparatif mencakup 3 scene pada episode 4A, episode 1B dan episode 10A, psikologi Penyesuaian mencakup 3 scene pada episode 10B, episode 10A dan episode 10B.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Surismiati, S.Pd., M.Pd., 2. Supriatini, S.Pd., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: film, nilai psikologis, implikasi
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 May 2023 07:05
Last Modified: 29 Jul 2023 06:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/24536

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.