PERAN KOPERASI UNIT DESA (KUD) SURYA ADI DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SURYA ADI KECAMATAN MESUJI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

AYU RIZKI TIARA WATI, NIM 642018011 (2022) PERAN KOPERASI UNIT DESA (KUD) SURYA ADI DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SURYA ADI KECAMATAN MESUJI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
642018011_Cover_sampai_lampiran...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK xiii Ayu Rizki Tiara Wati/642018011/2021/Peran Koperasi Unit Daerah (KUD) Surya Adi Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Surya Adi Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir. Koperasi merupakan suatu wadah, dimana kepentingan pribadi dan kepentingan kelompok, kepentingan kelompok tergabung sedemikian rupa. Sehingga melalui kegiatan kelompok, kepentingan pribadi para anggota menjadi kekuatan pendorong yang memberikan manfaat bagi seluruh anggota kelompok tersebut. Dengan dilakukannya usaha-usaha tersebut membuat para anggota koperasi menjadi hidup sejahtera, karena mereka dapat merasakan dan menggunakan fungsi dari Koperasi Unit Desa secara keseluruhan. Koperasi Unit Desa untuk menyejahterakan peranggotaannya. Oleh karena itu, peran koperasi menjadi penting berkaitan dengan pelaksanaan tujuan di atas. Koperasi harus tampil sebagai organisasi yang dapat mengumpulkan dan membentuk kekuatan ekonomi bersama-sama agar dapat meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Koperasi Unit Desa Surya Adi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Surya Adi Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi dan data dari pengurus dan anggota Koperasi Unit Desa Surya Adi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa peran Koperasi Unit Desa (KUD) Surya Adi dapat menerapkan perannya sebagai koperasi pentingnya peran dan tujuan KUD Surya Adi yaitu untuk mengatur prilaku atau kegiatan seseorang. Dalam kegiatan Koperasi Unit Desa (KUD) dalam perannya untuk meningkatkan produksi, mewujudkan pendapatan yang adil, dan kemakmuran yang merata serta meningkatkan ekonomi anggota dan masyarakat. Kata Kunci: Peran, Koperasi Unit Desa (KUD), meningkatkan Ekonomi, Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Rijalush Shalihin, S.E.I., M.H.I. 2. Hendri Nur Alam, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran, Koperasi Unit Desa (KUD), meningkatkan Ekonomi, Masyarakat.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 13 Mar 2023 05:49
Last Modified: 13 Mar 2023 05:49
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23948

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.