BENTUK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KEPENTINGAN PARA PIHAK DALAM MERGER BANK DAN AKIBAT HUKUMNYA

M. YOGI GELLIANO, NIM. 502017271 (2022) BENTUK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KEPENTINGAN PARA PIHAK DALAM MERGER BANK DAN AKIBAT HUKUMNYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
502017271_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502017271_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
502017271_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
502017271_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
502017271_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
502017271_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] Text
502017271_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Image
SBP_23.jpg

Download (81kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK BENTUK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KEPENTINGAN PARA PIHAK DALAM MERGER BANK DAN AKIBAT HUKUMNYA M. YOGI GELLIANO 502017271 Dengan adanya merger bank diharapkan perbankan nasional akan semakin mantap terutama dalam mengantisipasi era perdagangan bebas. Dengan adanya merger perbankan swasta nasional akan semakin kuat disamping akan mempermudah pembinaan dan pengawasan oleh Bank Indonesia. Yang menjadi permasalahan dalam Tesis ini adalah : 1. Bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi kepentingan para pihak dalam merger bank ? 2. Apa akibat hukumnya dalam merger bank ? Jenis penelitian dalam pembahasan tesis ini adalah penelitian hukum normatif yakni menganalisis peraturan perundang-undangan yang terkait dengan permasalahan serta buku-buku dan pendapat para ahli dibidang perbankan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Bentuk perlindungan hukum bagi kepentingan para pihak dalam merger bank adalah untuk memberikan perlindungan kepada para pemegang saham guna kepentingan para pihak, kepentingan para nasabah penyimpanan dana dari suatu bank yang harus dilindungi, kepentingan para pegawai bank, kepentingan para pengurus, perlindungan bagi pemegang saham minoritas serta perlindungan bagi kreditor. 2. Akibat hukum dalam merger bank adalah bahwa bank yang digabungkan akan berakhir eksistensinya karena telah di likuidasi, semua pemegang saham bank yang digabungkan beralih menjadi pemegang saham penerima penggabungan serta segala hal yang berkaitan dengan harta, perizinan dan lain-lain beralih kepada perusahaan (bank) penerima penggabungan. 3. Hambatan dalam merger bank adalah adanya keengganan pemilik untuk bermitra dengan pihak lain, tidak adanya kecocokan antara pemilik bank satu dengan bank yang lain serta tidak adanya kesediaan pemilik untuk mengubah nama banknya setelah merger. Adapun saran adalah seyogyanya perlindungan hukum terhadap kepentingan para pihak memperhatikan asas keadilan, perlu dibuat kebijakan untuk menanggulangi kekosongan hukum serta Bank Indonesia perlu lebih hati-hati dalam melakukan merger bank. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Merger, Bank

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. M.Soleh Idrus, SH., MS 2. Heni Marlina, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Merger, Bank
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perbankan dan Asuransi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:54
Last Modified: 01 Feb 2023 07:22
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23758

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.