HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN TINGKAT KEPARAHAN ACNE VULGARIS PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

Aldito Prananta, NIM. 702019009 (2023) HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN TINGKAT KEPARAHAN ACNE VULGARIS PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702019009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702019009_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
702019009_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
702019009_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
702019009_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
702019009_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
702019009_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
702019009_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Acne vulgaris (AV) merupakan kelainan kulit yang sering ditemukan, terjadi akibat peradangan kronis dari folikel pilosebasea yang ditandai dengan adanya pembentukan komedo, papul, pustul, nodul, kista dan terkadang jaringan parut. acne vulgaris diklasifikasikan menjadi ringan, sedang, dan berat dengan menghitung jumlah total dari komedo, papul/pustul, dan nodul/kista. Salah satu faktor yang berperan terhadap terjadinya acne vulgaris adalah meningkatnya sekresi sebum, Sekresi sebum meningkat akibat adanya sekresi hormon androgen yang tinggi. Sintesis hormon androgen dapat ditekan oleh adanya hormon melatonin. Hormon melatonin dikeluarkan pada malam hari oleh kelenjar pineal. Kualitas tidur yang buruk menyebabkan penurunan hormon melatonin. Kualitas tidur adalah kemampuan seseorang untuk dapat tetap tidur, tidak hanya mencapai jumlah atau lamanya tidur, namun dapat menunjukkan kemampuan seseorang untuk mendapatkan porsi istirahat yang sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas tidur dengan tingkat keparahan acne vulgaris pada mahasiswa kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik desain cross sectional dengan menggunakan data primer dari Mahasiswa Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang dengan besar sampel sebanyak 63 sampel yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Sampel penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling. Hasil uji statistik mendapatkan nilai signifikansi P < 0,05 (P-value 0,032). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kualitas tidur dengan tingkat keparahan acne vulgaris pada mahasiswa kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Riliani Hastuti, Sp.KK 2. dr. Wieke Anggraini
Uncontrolled Keywords: Hormon androgen, hormon melatonin, kualitas tidur, tingkat keparahan acne vulgaris
Subjects: R Medicine > RL Dermatology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 26 Jan 2023 06:40
Last Modified: 26 Jan 2023 06:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23713

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.