PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA MTs MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

M. FAISAL, NIM. 622018054 (2022) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA MTs MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
622018054____.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA MTS MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG Muhammad Faisal, NIM 622018054, Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa MTs Muhammadiyah 2 Palembang, Pendidikan agama Islam merupakan pokok penting dalam kehidupan sehari-hari, sekolah yang merupakan lembaga pendidikan formal yang turut berperan dalam usaha meningkatkan taraf manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan budi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan serta ditunjang dengan kesehatan jasmani dan rohani. TujuanPenelitian (1) Untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan akhlak siswa di MTs Muhammadiyah 2 Palembang. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghamabat pelaksanaan peningkatan akhlak siswa (3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan akhlak siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan Lokasi penelitian dilakukan di MTsMuhammadiyah 2 Palembang.Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan akhlak siswa di MTs Muhammadiyah 2 Palembang sudah dilakukan dengan baik dan guru sudah menjalankan tugas sesuai prosedur yang berlaku. Faktor pendukung dalam meningkatkan akhlak yang baik dapat menunjang keberhasilan dalam proses kemajuan dan peningkatan akhlakul karimah siswa dan faktor penghambat dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa yaitu minimnya pendidikan agama islam di keluarga dan Kurang kesadaran dari siswa itu sendiri untuk melakukan keadaan yang berkaitan dengan keagamaan. Kata Kunci: Peran, Guru, pendidikan, meningkatkan Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Yuslaini, M.Pd Pembimbing : 2. Ayu Munawaroh, S.Ag,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru, pendidikan, meningkatkan Akhlak.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 04 Jan 2023 06:22
Last Modified: 04 Jan 2023 06:22
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23651

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.