PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 59 PALEMBANG

TINI APRIANI, NIM. 93220008 (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 59 PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
93220008_BAB 1_DAPUS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
93220008_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
93220008_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
93220008_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
93220008_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
93220008_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
93220008_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
93220008_Cover_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Keberhasilan siswa belajar formal di sekolah diukur melalui perolehan nilai siswa baik secara individu maupun klasikal. Pengembangan sikap ilmiah juga dapat membangun karakter siswa, sikap ilmiah dalam proses pembelajaran berguna sebagai penyeimbang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa kelas VIII. 3 SMP Negeri 59 Palembang pada materi sistem ekskresi manusia melalui model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII. 3 SMP Negeri 59 Palembang yang berjumlah 33 orang. Tindakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus; setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian sikap ilmiah siswa rata-rata diperoleh pada akhir siklus pertama dan kedua per indikator pengamatan memberikan peningkatan yaitu: Sikap ingin tahu 0,47 dari 3,47 pada siklus pertama menjadi 4,00 pada siklus kedua. Sikap toleransi 0,47 dari 3,53 pada siklus pertama menjadi 4,00 pada siklus kedua. Sikap disiplin 0,37 dari 3,45 pada siklus pertama menjadi 3,82 pada siklus kedua. Sikap jujur 0,63 dari 3,35 pada siklus pertama menjadi 3,98. Sikap teliti 0,40 dari 3,58 pada siklus pertama menjadi 3,98 pada siklus kedua. Hasil ketuntasan belajar materi sistem ekskresi manusia pada akhir siklus pertama 78,33% dan siklus kedua 87%. Dengan adanya peningkatan hasil belajar dan sikap ilmiah, maka tindakan yang diberikan melalui penerapan model Discovery Learning berhasil mengatasi masalah rendah nya hasil belajar dan sikap ilmiah siswa kelas VIII SMP Negeri 59 Palembang. Kata Kunci: Sikap Ilmiah, Hasil Belajar, Discovery Learning, PTK, Eksresi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si. 2. Prof. Dr. Indawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap Ilmiah, Hasil Belajar, Discovery Learning, PTK, Eksresi
Subjects: Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:23
Last Modified: 28 Dec 2022 04:23
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23627

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.