PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMAKAI AIR MINUM ISI ULANG YANG TIDAK HIGIENIS DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

DAVID AFRIZAL, NIM. 502018418 (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMAKAI AIR MINUM ISI ULANG YANG TIDAK HIGIENIS DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
502018418_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
502018418_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
502018418_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
502018418_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
502018418_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
502018418_Cover_sampai_Lampiran...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMAKAI AIR MINUM ISI ULANG YANG TIDAK HIGIENIS DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN Oleh: David Afrizal Adapun yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana ketentuan hukum tentang perlindungan konsumen terhadap minuman isi ulang yang tidak higienis? 2. Bagaimana mekanisme penyelesaian yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan berbagai pelanggaran air minum isi ulang? Sejalan dengan permasalahan yang dibahas, maka penelitian ini adalah pengumpulan data tergabung penelitian hukum yang bersifat normatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara studi kepustakaan (Library Search), dalam usaha mendpatkan data sekunder dengan cara mengkaji bahan hukum Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan PERMENKES serta bahan hukum sekunder yang berupa karya ilmiah dari para sarjana yang terdapat dalam literatur-literatur, khususnya yang ada relevansinya dengan permasalahan yang dibahas. Berdasarkan pembahasan dalam skripsi ini, penulis menarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Perlindungan konsumen mengatur hak-hak yang patut diperoleh oleh konsumen, hal ini diatur dalam pasal 4 UU No. 8 tahun 1999, selain hak-hak yang patut diperoleh oleh konsumen, diatur pula kewajiban yang harus dilakukan oleh konsumen, perlindungan konsumen juga mengatur tentang hak dan kewajiban para pelaku usaha, hal ini dimaksudkan agar pelaku usaha dapat menjalankan usahanya dengan benar sehingga dapat tercapainya kesejahteraan baik bagi konsumen maupun pelaku usaha. 2. Mekanisme penyelesaian yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan berbagai pelanggaran air minuman isi ulang menurut UU perlindungan konsumen pasal 45 ayat 2 penyelesaian sengketa konsumen dapat ditempuh melalui pengadilan atau di luar pengadilan berdasarkan pilihan sukarela para pihak yang bersengketa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Yudistira Rusydi, SH., M.Hum. 2. Rusniati, SE., SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Minuman Isi Ulang, Higienis.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 26 Dec 2022 05:28
Last Modified: 26 Dec 2022 05:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23622

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.