TANGGUNG JAWAB PELAKU TINDAK PIDANA YANG DI PENGARUHI ALKOHOL

ALPIAN AROPIN, NIM. 502015367 (2022) TANGGUNG JAWAB PELAKU TINDAK PIDANA YANG DI PENGARUHI ALKOHOL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
502015367_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Selaras dengan tujuan yang bermaksud untuk menelusuri prinsip-prinsip hukum, terutama yang bersangkut paut dengan tanggungjawab pelaku tindak pidana yang di pengaruhi alkohol, maka jenis penelitiannya adalah penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif (menggambarkan) dan tidak bermaksud untuk menguji hipotesa. teknik pengumpulan data sekunder dititik beratkan pada penelitian kepustakaan (library research) dengan cara mengkaji, bahan hukum primer, yaitu bahan hukum yang bersifat mengikat seperti undang-undang, yakni kitab undang-undang hukum pidana (KUHP) peraturan pemerintah, dan semua ketentuan peraturan yang berlaku dan bahan hukum sekunder, yaitu bahan hukum seperti teori,hipotesa, pendapat para ahli maupun peneliti terdahulu yang sejalan dengan permasalahan dalam skripsi ini. Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara menerapkan metode analisis isi (content analisys) terhadap data tekstual, untuk selanjutnya dikonstruksikan ke dalam suatu kesimpulan pertanggungjawaban pelaku tindak pidana yang di pengaruhi alkohol adalah pada tingkat ringan masih dapat di mintakan pertanggungjawabannya, karena ia masih dapat menginsyafi keadaanya dimana orang tersebut melakukan perbuatannya dengan unsur kesengajaan, apabila pada waktu melakukan perbuatan pidana dilihat dalam masyarakat ia dapat di cela oleh karenanya sebab ia di anggap mampu berbuat lain meskipun tidak ingin berbuat demikian. sedangkan pada tingkat berat tidak dapat lagi dimintakan pertanggungjawabannya, dikarenakan ia tidak dapat lagi menginsyafi keadaanya yang dimana orang tersebut melakukan perbuatannya tidak mempunyai unsur kesengajaan dan pengaruhi alkohol terhadap pelaku adalah di karenakan orang yang meminum minuman mengandung alkohol dalam jumlah besar dapat menimbulkan keracunan pada tubuh seseorang dan berpengaruh terhadap daya pikir seseorang serta melemahkan syaraf otak, hal tersebut dapat menimbulkan mental emosional, mudah tersinggung dan mudah terpengaruh untuk melakukan perbuatan yang bertentangan dengan hukum di karenakan tidak terkontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. LUIL MAKNUN, S.H.,M.H 2. HJ. YONANI, S.H.,M.H
Uncontrolled Keywords: TANGGUNGJAWAB PELAKU, ALKOHOL, DAN TINDAK PIDANA
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 13 Dec 2022 01:14
Last Modified: 13 Dec 2022 01:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23580

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.