PELAKSANAAN MERGER BAGI BADAN USAHA YANG BERBENTUK PERSEROAN TERBATAS MENURUT PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 27 TAHUN 1998

M. ADHA FIRMANSYAH, NIM. 502018321 (2022) PELAKSANAAN MERGER BAGI BADAN USAHA YANG BERBENTUK PERSEROAN TERBATAS MENURUT PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 27 TAHUN 1998. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
502018321_Cover_sampai_Lampiran....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

A B S T R A K PELAKSANAAN MERGER BAGI BADAN USAHA YANG BERBENTUK PERSEROAN TERBATAS MENURUT PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 27 TAHUN 1998 Oleh : M. ADHA FIRMANSYAH Dalam memperkuat usahanya banyak para pelaku bisnis atau pengusaha yang menjalin kerjasama antar perusahaan. Bentuk kerjasama perusahaan ini salah satunya adalah “MERGER” atau dikenal dengan istilah “PENGGABUNGAN” perusahaan. Pada perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT), tindakan hukum seperti merger sudah sering dilakukan PT untuk menyelamatkan harta perusahaan dan harta pemegang saham demi keberlangsungan suatu PT untuk menghadapi persaingan usaha sesuai dengan jenis usaha perusahaan tersebut. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimanakah pelaksanaan merger bagi Badan Usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas menurut Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1998 dan apakah alasan dilakukan merger bagi Badan Usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif. Sesuai dengan judul dari permasalahan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Merger Bagi Badan Usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1998 yaitu mealui beberapa tahapan sebagai berikut tahap perencanaan, persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), pengumuman rencana penggabungan dan pengumuman hasil penggabungan dan alasan dilakukan merger bagi badan usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas yaitu pertumbuhan atau diversifikasi, sinergi, meningkatkan dana, menambah ketrampilan manajemen atau teknologi, pertimbangan pajak, meningkatkan likuiditas pemilik, serta melindungi diri dari pengambilalihan. Kata Kunci : Merger, Badan Usaha, Perseroan Terbatas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 10 Dec 2022 07:08
Last Modified: 10 Dec 2022 07:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23574

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.