PENDEKATAN SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK MENINGKATKAN HOTS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA DI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR

Joko Purwadi, NIM. 93219006 (2022) PENDEKATAN SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK MENINGKATKAN HOTS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA DI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
93219006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text
93219006_BAB II.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
93219006_BAB III.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
93219006_BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
93219006_BAB V.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
93219006_DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
93219006_LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
93219006_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Joko Purwadi. 2022. Pendekatan Scaffolding Pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Pencernaan Untuk Meningkat HOTS dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana (S2). Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dr. Saleh Hidayat, M.Si. (II) Dr. Astrid S. W. Sumah, M.Si. Kata Kunci : Pendekatan Scaffolding, HOTS, hasil belajar Pembelajaran biologi memerlukan skill, kreativitas dan inovasi yang harus dimiliki guru sehingga siswa akan lebih mudah mengikuti dan memahami konsep yang diajarkan. Memilih, menentukan, dan menyesuaikan antara pendekatan mengajar dengan materi ajar merupakan langkah awal yang penting. Penelitian Pendekatan Scaffolding pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Pencernaan untuk Meningkatkan HOTS dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan scaffolding dapat meningkatkan HOTS dan hasil belajar siswa Kelas XI SMA di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen (quase eksperimental research) dengan memberikan pree-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel digunakan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada 6 (enam) SMA Negeri di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Untuk mengetahui peningkatan HOTS (berpikir tingkat tinggi) dan hasil belajar siswa setelah dilakukan pendekatan scaffolding pada kelas eksperimen digunakan Sofware SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen terjadi peningkatan HOTS dan hasil belajar yang signifikan pada enam sekolah sampel. Peningkatan HOTS pada enam sekolah sampel sebagai berikut: 1) SMAN 2 Martapura 5,41 dan n-gain 0,53 dengan kategori tinggi, 2) SMAN 1 Jayapura 5,57 dan n-gain 0,54 kategori tinggi, 3) SMAN 1 Belitang 5,55 dan n-gain 0,52 kategori tinggi, 4) SMAN 1 Belitang Jaya 5,17 dan n-gain 0,50 kategori tinggi, 5) SMAN 1 Madang Suku I 5,41 dan n-gain 0,54 kategori tinggi, dan 6) SMAN 1 Madang Suku II 4,67 dan n-gain 0,48 kategori sedang. Rata-rata peningkatan HOTS 5,30 dan n-gain 0,52 dengan kategori tinggi. Peningkatan hasil belajar pada enam sekolah sampel sebagai berikut: 1) SMAN 2 Martapura 5,41 terjadi peningkatan 27,05%, 2) SMAN 1 Jayapura 5,57 terjadi peningkatan 27,85%, 3) SMAN 1 Belitang 5,55 terjadi peningkatan 27,75%, 4) SMAN 1 Belitang Jaya 5,17 terjadi peningkatan 25,85%, 5) SMAN 1 Madang Suku I 5,41 terjadi peningkatan 27,0 5%, dan 6) SMAN 1 Madang Suku II 4,67 terjadi peningkatan 23,35%. Rata-rata peningkatan hasil belajar 5,29 atau terjadi peningkatan 26,48%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si 2. Dr. Astrid S. W. Sumah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendekatan Scaffolding, HOTS, hasil belajar
Subjects: Biologi > Anatomi dan Morfologi
Biologi > Fisiologi
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:21
Last Modified: 22 Nov 2022 02:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23429

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.