PANDANGAN TOKOH MASYARAKAT DAN TOKOH AGAMA TERHADAP PERNIKAHAN DINI AKIBAT HAMIL SEBELUM NIKAH (STUDI KASUS DI PERUM KELAPA INDAH KECAMATAN ALANG-ALANG LEBAR, KELURAHAN KARYA BARU.)

Robby Octianno, 632018005 (2022) PANDANGAN TOKOH MASYARAKAT DAN TOKOH AGAMA TERHADAP PERNIKAHAN DINI AKIBAT HAMIL SEBELUM NIKAH (STUDI KASUS DI PERUM KELAPA INDAH KECAMATAN ALANG-ALANG LEBAR, KELURAHAN KARYA BARU.). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
632018005_BAB I_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
632018005_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
632018005_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
632018005_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
632018005_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
632018005_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
632018005_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
632018005_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “PANDANGAN TOKOH MASYARAKAT DAN TOKOH AGAMA TERHADAP PERNIKAHAN DINI AKIBAT KEHAMILAN SEBELUM MENIKAH (Studi Kasus Di Perum Kelapa Indah Kecamatan Alang-alang Lebar Desa Karya Baru)” permasalahan yang diteliti yakni bagaimana pandangan tokoh masyarakat terhadap pernikahan dini akibat hamil sebelum menikah dan bagaimana dampak dan apa saja faktornya, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi tokoh masyarakat perkawinan karena hamil sebelum menikah, untuk mengetahui dampak sosial bagi pelaku perkawinan akibat kehamilan pranikah di Perum Kelapa Indah Kecamatan Alang-alang Lebar Karya Baru dan untuk mengetahui bagaimana keabsahan melangsungkan suatu perkawinan dalam kehamilan pranikah atau kehamilan karena zina Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif-empiris dan merupakan jenis penelitian kualitatif (field research). Penelitian ini juga menggunakan pendekatan Live Case Study, yaitu pendekatan terhadap suatu peristiwa hukum yang prosesnya masih berlangsung atau belum berakhir. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan data yang diperoleh melalui wawancara dengan tokoh masyarakat. Dari hasil penelitian, persepsi tokoh masyarakat Perum Kelapa Indah melakukan perkawinan dalam keadaan hamil karena zina boleh dan sah karena dilakukan dengan akad nikah dan sebaliknya perkawinan tersebut dinyatakan haram karena kandungan di dalam pihak wanita. tidak berlaku untuk keturunannya. Dampak yang ditimbulkan dari pernikahan tersebut adalah perasaan dikucilkan oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Ruskam, Sua’idi, M.HI 2. Dr. Rulitawati, S.Ag., M.Pd.i.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pandangan tokoh masyarakat, Pernikahan karena hamil sebelum menikah.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:57
Last Modified: 15 Nov 2022 00:57
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23400

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.