PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA ABORSI BERDASARKAN KITAB UNDANG – UNDANG HUKUM PIDANA DAN UNDANG – UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2009

AGUS FITRIANI, NIM. 502018014 (2022) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA ABORSI BERDASARKAN KITAB UNDANG – UNDANG HUKUM PIDANA DAN UNDANG – UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
AGUS FITRIANI_502018014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA ABORSI BERDASARKAN KITAB UNDANG – UNDANG HUKUM PIDANA DAN UNDANG – UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2009 AGUS FITRIANI Aborsi atau bahasa ilmiahnya adalah Abortus Provocatus, merupakan cara yang paling sering digunakan mengakhiri kehamilan yang tidak diinginkan, meskipun merupakan cara yang paling berbahaya. Sebagaimana diketahui penyebab utama kematian ibu hamil dan melahirkan adalah pendarahan yang diakibatkan karena infeksi dan eklampia. Oleh karena itu, Pertanggungjawaban Pidana Terhadap Tindak Pidana Aborsi Berdasarkan Kitab Undang – undang Nomor 36 Tahun 2009. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pertangungjawaban pidana bila seseorang dengan sengaja melakukan tindak pidana aborsi (2) Apakah aborsi dapat dilegalkan bagi seorang perempuan yang menjadi korban pemerkosaan. Skripsi ini mengunakan metode pendekatan yuridis normatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil kesimpulan sebagai berikut: Berdasarkan ketentuan yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009, larangan terhadap praktik dikecualikan pada beberapa keadaan, kehamilan akibat perkosaan yang dapat menyebabkan trauma psikologis bagi korban perkosaan yang mengakibatkan bayi yang dikandung cacat fisik. Menurut Undang – undang No.36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, hanya memperbolehkan seorang wanita melakukan aborsi dalam keadaan medis, karena proses aborsi berdampak buruk bagi wanita yang melakukan aborsi tersebut. Kata Kunci : Aborsi, Hukum, Kesehatan, Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Yudistira Rusydi, SH., M.Hum 2. Eni Suarti, SH.,MH
Uncontrolled Keywords: Aborsi, Hukum, Kesehatan, Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD)
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:48
Last Modified: 20 Oct 2022 04:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23103

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.